Atasi Banjir di Cipayung, Walikota Depok Minta Bantuan Ke Kementerian PUPR

Cipayung, Depokterkini.com

Mengatasi permasalahan banjir yang terjadi di Jalan penghubung antara Kecamatan Cipayung dan Kecamatan Sawangan, Kota Depok.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris berencana meminta bantuan ke Pemerintah Pusat dalam hal ini ke Kementrian PUPR.

Menurut Idris, Pemerintah Kota Depok sebelumnya telah melakukan sejumlah penanganan terhadap dampak banjir dari Kali Pesanggrahan. Sebelumnya, Pemkot Depok telah melakukan kajian penataan Kali Pesanggrahan di wilayah Depok.“Waktu itu aja diperkirakan sudah sampai triliunan, nah pembiayaannya harus Pemerintah Pusat,” ujar Idris, saat meninjau lokasi banjir di lingkunagan Kampung Bulak Barat, Kelurahan Cipayung, Depok Kamis (2/5/2024).

Dikatakan Idris, Pemerintah Kota Depok berencana mengajukan kembali hasil kajian terakhir untuk penataan Kali Pesanggrahan.  Pemkot Depok akan mengambil langkah alternatif dengan berkoordinasi kepada Kementerian PUPR.

Mungkin alternatif, ini diajukan ke Kementerian PUPR, ini kan sudah sangat darurat,” ucap Idris.

Kondisi banjir dan longsor di wilayah Cipayung dan Sawangan merupakan dampak dari Kali Pesanggrahan sudah darurat, sehingga perlu penataan kembali. Penataan harus dilakukan mulai dari wilayah hulu dan hilir aliran Kali Pesanggrahan di wilayah Depok.

Penataan dari hulu sampai hilir batas Kota Depok, kalau soal Jakarta, itu nanti urusan Jakarta,” tutur Idris.

Kajian penataan Kali Pesanggrahan akan diajukan secara simultan. Nantinya Dinas PUPR, Bappeda, dan Disrumkim Kota Depok akan melakukan kajian terkait relokasi warga terdampak banjir dan longsor.

“Kita akan bebaskan beberapa bidang tanah, proses awal tentunya kita kumpulkan fotocopy sertifikat yang ada,” pungkasnya (wan)


Posting Komentar

0 Komentar