Laki-laki Rentan Diserang Penyakit Kanker Ini

Menurut laporan, dikatakan bahwa kanker prostat terus meningkat di seluruh dunia dan ada lebih dari satu juta orang yang menderita penyakit ini. Meskipun prostat hanya terjadi pada pria di atas usia tertentu, biasanya setelah usia 50, ternyata kanker ini bukan satu-satunya kanker yang mempengaruhi laki-laki saat ini.
Laporan menunjukkan bahwa satu dari delapan orang didiagnosis dengan kanker prostat setiap hari, dan jika kanker terdeteksi dini maka masih bisa disembuhkan. Ini memang salah satu faktor risiko terbesar untuk kanker pada pria. Sumber mengatakan bahwa kanker juga tergantung pada ras tertentu. Hal ini terlihat bahwa laki-laki bule ternyata lebih rentan terhadap kanker kandung kemih, sedangkan orang Asia lebih rentan terkena kanker perut dan Afrika kanker mulut.
Jenis kanker pada pria jumlahnya semakin meningkat di seluruh dunia. Seperti dikutip dari Boldsky, Senin (13/1/2014), berikut adalah beberapa jenis kanker yang rentan diderita oleh pria.
1. Kanker prostat - Kanker prostat adalah jenis kanker tertinggi kedua pada pria. Ada lebih dari 2 juta orang di India yang menderita kanker prostat. Pria yang berusia lebih dari 50 tahun lebih rentan untuk terkena kanker prostat. Namun jika terdeteksi dini, masih ada kesempatan untuk bertahan hidup dan kembali sehat.
2. Kanker paru-paru - Kanker paru-paru adalah jenis lain dari kanker pada pria yang meningkat dari hari ke hari. Kanker paru-paru telah mempengaruhi lebih dari setengah juta orang, penyebab utamanya adalah merokok. Kanker paru-paru pada pria adalah pembunuh terbesar dari semua jenis kanker.
3. Kanker kulit - Tidak banyak yang menyadari jenis kanker kulit pada pria. Banyak yang sering berpikir bahwa kanker kulit lebih banyak ditemukan pada wanita, namun laporan mengatakan bahwa pria lebih rentan terkena kanker kulit. Satu hal positif tentang kanker kulit adalah bahwa, bila terdeteksi dini bisa diobati.
4. Kanker usus besar - Kanker usus besar mempengaruhi laki-laki yang sebagian besar di bawah usia 50 tahun. Tanda pertama dari kanker usus besar adalah perdarahan yang berlebihan saat mengeluarkan tinja. Maka, apabila Anda sering mengeluarkan darah pada saat buang air besar, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter.
5. Kanker kandung kemih - Gejala umum kanker kandung kemih pada pria yaitu sering buang air kecil selain intu sering terasa nyeri konstan di daerah pinggul.
6. Kanker Pankreas -  Orang-orang yang menderita diabetes lebih rentan untuk terserang kanker pankreas. Salah satu aspek negatif dari kanker pankreas yaitu, apabila penderita kanker ini ingin sembuh, satu-satunya solusi adalah dengan pengangkatan pankreas.
7. Kanker penis -Ini adalah salah satu jenis kanker pada pria yang jarang diketahui. Kanker penis disebabkan karena sunat, HPV (Human Papilloma Virus) yaitu virus yang menginfeksi area Kulit dan organ Kelamin dan juga karena kebiasaan merokok. (detikhealth)