Atasi Banjir, Dibimasda Rehab Jembatan Taman Duta

Sukmajaya | Depok Terkini

Salah satu upaya mengatasi masalah banjir di kawasan Perumahan Taman Duta di Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya saat ini dilakukan rehab total jembatan di wilayah RW 11 yang membentang di atas Kali Laya.

Rehab total jembatan yang dilakukan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Dibimasda) Kota Depok dilaksanakan oleh PT Tawarikh itu dibuat lebih tinggi dari badan jembatan sebelumnya. Hal itu sebagai upaya untuk melancarkan gelontoran air di Kali Laya, untuk dapat mengurangi atau  mengtasi luapan air hingga menggenangi badan jalan dan masuk ke rumah warga sekitar.

“Badan jembatan nantinya lebih tinggi dari badan jalan, sehingga air kali lancar dan sampah tidak nyangkut di bagian bawah jembatan. Selain itu, di saat ada luapan air, jembatan masih bisa dilintasi kendaraan dan pejalan kaki,” kata Dismo seorang pekerja dari PT Tawarikh didampingi rekannya Nopo, Senin (24/11).

Pada kemempatan itu, Dismo menambahkan, pihaknya mengharapkan pekerjaan rehab jembatan itu selesai dikerjakan tepat waktu. Namun, di lapangan masih menemukan kendala berupa gelontoran air Kali Laya dari Situ Pengarengan yang tak dapat dihentikan.

“Gelontoran air di kali ini begitu deras dan sulit dibendung, apalagi sekarang mulai turun musim hujan. Tapi, dengan pengalaman yang selama ini  kami berusaha akan menyelesaikan pekerjaan ini tepat waktu,” tutur tenaga ahli PT Tawarikh yang dipimpin John Sagala ini.(ash)