Dirlantas Polda Metro Jaya Blusukan Ke Samsat Depok

Petugas loket pelayanan Samsat Depok dikejutkan dengan kedatangan Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Restu MB bersama Kapolres Depok, Kombes Pol Ahmad Subarkah, dan Kasatlantas AKP Sri Suhartatik, kemarin. Kedatangan Dirlantas disambut Pamin TU Iptu Dwi Hardono dan Kasi Penerimaan dan Penagihan H.E Iwa Sudrajat.

Setibanya diruang pelayanan, Dirlantaslangsung menggeledah seluruh laci milik anggota, dan memeriksa isinya. Tas kecil milik anggota pun digeledah dan diperiksa isinya. Saat diruang arsip, Dirlantas menemukan sepasang plat nomor dibawah meja, anggota pun terlihat pucat saat ditanya kenapa ada TNKB di ruang arsip."TNKB adanya di bagian cetak TNKB dibelakang sana, kenapa ada disini,"ujar Dirlantas sambil memanggil petugas provost untuk mengamankan TNKB tersebut.

Tak puas memeriksa laci anggota, beberapa tempat sampah yang berada diruang kerja anggota juga diperiksa. Tempat sampah yang berisi kertas-kertas itupun diperiksa satu persatu, hingga akhirnya sampah-sampah itu diperintahkan untuk dibakar."Bakar saja sampah itu, jangan sampai mengendap lama,"tegasnya.
Diruang pelayanan pengaduan, Dirlantas menemukan tas anggota berisi beberapa bpkb,"BPKB milik siapa ini, dan kenapa kamu tidak menggunakan seragam polisi,"tanya Restu.

Usai sidak Dirlantas kepada wartawan menjelaskan, bahwa penataan ruangan itu tidak semudah apa yang dibayangkan. Seluruh dokumen seharusnya ditempatkan sesuai dengan peruntukkannya. Bila ruang pelayanan sudah tidak teratur, maka dapat dipastikan akan mengganggu pelayanan kepada masyarakat."Kita ajari mereka untuk dapat menata ruangannya dengan  benar. Termasuk isi tong sampah setiap saat harus dibakar dan dimusnahkan. Jangan ditimbun,"jelasnya.