Kelurahan Kedaung Galakkan Budidaya Tanaman Jahe

Sawangan | Depok Terkini

Dalam upaya memenuhi kebutuhan tanaman obat keluarga (toga). Aparat Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan melakukan budidaya tanaman jahe.

"Budidaya tanaman jahe di Kedaung tidak hanya untuk konsumsi keluarga tapi juga di jual keluar dalam bentuk kemasan melalui home industri," kata Wahidin, lurah setempat, baru baru ini  disela-sela budidaya tanaman jahe.

Bibit jahe, ditambahkan Wahidin, diperoleh dari Bogor, kemudian  dikembangbiakkan  melalui wadah kantung plastik. Setelah tumbuh besar dipindah ke lahan pekarangan yang ada di masing masing RW.

Selain tanaman jahe, lanjut dia, ada juga jenis tanaman obat keluarga lainnya. "Jadi kami berupaya memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanam tanaman obat keluarga," ujarnya.

Saat ini bibit tanaman jahe yang sudah dikembangbiakkan di kelurahan  sekitar 1000 bibit. Bibit tersebut akan dibagikan kepada 10 RW untuk ditanam di masing masing pekarangan sehingga beberapa bulan kedepan sudah bisa menuai hasil.

"Jahe yang ditaman ada dua jenis, yaitu jenis jahe merah dan jahe putih. Sedangkan tanaman obat lainnya sere, laos, kunyit dan lainnya," pungkas Wahidin.(Sudi)