Sentra Batu Akik Terbesar Depok Diresmikan

Pancoran Mas | Depok Terkini

Mimpi para pecinta, perajin dan komunitas batu Akik di Kota Depok untuk memiliki sentra batu Akik akhinya terwujud dengan dibukanya Sentra Batu Akik dan Permata di Pasar Segar, Pancoran Mas, Depok. Sebanyak 130 pengrajin batu Akik menggelar berbagai macam jenis batu akik dan barang-barang seni lainnya.  

Pembukaan Sentra batu Akik dihadiri langsung Wakil Walikota Depok Idris Abdul Shomad, Dandim 0508/Depok Letkol Inf Santosa, Danramil 01/Pancoran Mas, Kapten Inf Chairul Anam, Kapolsek Panmas, dan Manager Pasar Segar, Kamis (8/1).

Menurut Ketua Panitia Sentra Batu Akik dan Permata Depok, Agung Piatimo. Awal pendirian sentra batu akik berawal dari keinginan para komunitas batu Akik Depok untuk memiliki tempat berkumpul komuniitas batu. Keinginan tersebut disambut positif manajemen Pasar Segar yang langsung memberikan tempat secara gratis dilantai 2 Pasar Segar.”Mudah-mudahan Sentra Batu Akik ini menjadi awal kebangkitan perekonomian pecinta dan pengrajin batu Akik,”jelas Agung.

Manager Pasar Segar, Tri Adiwiyanto mengatakan, enam tahun sudah Pasar Segar berdiri, namun kondisinya selalu sepi seperti hidup segan mati tak mau. Dengan adanya keinginan para UMKM batu Akik dan pengrajin, kita berikan fasiitas secara gratis berupa 200 lapak dan 34 kios di lantai 2 Pasar
Segar Tole Iskandar.”Kita berikan gratis selama satu tahun untuk para UMKM dan pengrajin batu akik,”jelasnya.

Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad mengatakan, Depok sebagai Kota Metropolitan sudah sangat pesat dalam pembangunan. Penyumbang terbanyak dalam pembangunan diantaranya dari para pelaku usaha mikro. Karena itu, produksi usaha kreatif harus terus dikembangkan karena Depok tidak memiliki kekayaan dari sumber daya alam.”Kita harus terus meningkatkan produksi kreatif, salah satunya batu cincin yang berkaitan dengan kepuasan jiwa,”kata Idris didamping Letkol Inf Santosa.


Idris menegaskan, pihaknya akan berupaya membantu sosialisasi keberadaan sentra batu akik agar diketahui masyarakat Depok.”Sosialisasi sangat penting untuk pengembangan usaha. Ciptakan juga sentra batu akik yang jujur demi kepuasan pelanggan,”tandas Idris.