Aksi Selamatkan Ciliwung, Kodim 0508/Depok Incar Adipura


Beji | Depok Terkini

Kodim 0508/Depok bertekad mendukung penuh peraihan piala bergengsi Adipura untuk Kota Depok. Tekad itu dibuktikan dengan aksi penyelamatan Sungai Ciliwung sepanjang 21 kilometer. "Kami mendukung penuh peraihan Adipura untuk Depok. Karena itu, kita ciptakan Ciliwung bersih melalui karya bhakti yang dilaksanakan rutin seminggu dua kali,”tegas Dandim 0508/Depok, Letkol Inf Santosa  saat menyisir Sungai Ciliwung menggunakan perahu karet bersama 60 personilnya di Wilayah Beji, Depok, kemarin.

Dandim menjelaskan, pembersihan Ciliwung juga melibatkan unsure tri pilar, komunitas peduli Ciliwung, serta masyarakat sekitar.”Ciliwung merupakan salah satu titik pantau dan penilaian adipura. Kami ingin Ciliwung bebas dari sampah dan terlihat asri. Kita akan pantau terus kebersihannya,”tegas Santosa.

Dari hasil aksi bersih itu, lanjut Dandim, pihaknya berhasil mengangkut sedikitnya ribuan kantong sampah yang berada di  bantaran dan aliran Sungai di wilayah Kecamatan Pancoran Mas, Beji, dan Cimanggis.”Setelah sampah diangkut, kita pasangi papan imbauan agar masyarakat tidak membuang sampah di sepanjang bantaran sungai.”ungkapnya.

Aksi selamatkan Ciliwung, lanjut Dandim, merupakan bentuk kepedulian TNI kepada masyarakat dan pemerintah daerah. Karena itu, pihaknya akan terus menjaga kelestarian ekowisata air ini hingga benar-benar bersih.” Dibutuhkan juga kepedulian seluruh element masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai.  Kita ingin Depok meraih Adipura,"tandasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad memberikan apresiasi kepada jajaran Kodim Depok yang peduli dengan kebersihan Ciliwung. Terkait adipura, Idris menjelaskan bahwa nilai adipura Depok masih kurang sedikit dari standar yang ditetapkan."Tahun lalu nilai adipuranya 72, saat ini nilai adipura menjadi 75. Jadi masih kurang sekitar dua poin. Masih diperlukan proses untuk bias meraih adipura,”katanya.