Karang Taruna Bojongsari Gelar LDKO

Bojongsari | Depok Terkini

Sedikitnya 80 orang anggota Karang Taruna dari kecamatan Bojongsari dan kelurahan mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan organisasi (LDKO) yang digelar di  Cisarua Bogor.

Hadir dalam LDKO tersebut Camat Bojongsari, Yudi Suparyadi, Pengurus Karang Taruna Kota Depok dan Pengurus Karang Taruna  Provinsi Jawa Barat.

Menurut Ketua Katar Kecamatan Bojongsari, Daud Sulaiman. Digelarnya  LDKO semata-mata untuk menambah wawasan tentang kepemimpinan.“Terlebih untuk dipelajari oleh seseorang, apalagi rekan-rekan yang aktif di organisassi. Karena pada dasarnya setiap diri kita adalah pemimpin, baik bagi diri sendiri, orang terdekat, lingkungan sekitar, organisasi maupun dalam berkarir nanti,” ujar Daud, Minggu (29/3).

Dikatakannya, seseorang yang tidak paham ilmu kepemimpinaan akan gagal dalam menjalankan tugasnya. Tujuan diadakannya LDKO agar teman-teman karang taruna  memiliki wawasan seputar kepemimpinan dalam organisasi.

“Selain itu, mengetahui manajemen organisasi dan kepemimpinan.  Memahami cara bekerjasama dalam sebuah tim, melatih mental menjadi seorang pemimpin, meningkatkan rasa percaya diri, membentuk karakter kepemimpinan, melatih berpikir kreatif, mandiri dan memahami arti tanggungjawab,” paparnya.

Namun yang tak kalah penting, lanjutnya, LDKO digelar untuk mengetahui cara menyelesaikan masalah (problem solving) dan mengambil keputusan (decition making).


“LDKO juga dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran agar peduli pada masa depan diri, keluarga, lingkungan dan bangsa. Belajar bersikap optimis dan solutif.Serta  menambah wawasan sebagai bekal menjadi calon pemimpin,” jelasnya.(rt)