TMMD ke-94 Bangkitkan Semangat Gotong Royong


Cilodong | Depok Terkini

Semangat gotong royong di kalangan masyarakat saat ini sudah semakin menghilang. Untuk itu, Tentara Nasional Indonesia (TNI) berupaya membangkitkan kembali semangat gotong royong melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Menurut Dandim 0508/Depok, Letkol Inf Santosa, program TMMD ke-94 yang digelar di wilayah Kecamatan Cilodong dan Sukmajaya memiliki visi menumbuhkan semangat gotong royong di masyarakat yang mulai memudar.
Sasaran TMMD meliputi rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 13 unit, dan pengerasan jalan lingkungan.

 “Dengan TMMD, Kami ingin mengajak dan menumbuhkan kembali jiwa gotong royong kepada masyarakat yang selama ini suda menghilang,” kata Dandim 0508/ Depok, Letkol Inf Santosa saat meninjau beberapa lokasi TMMD di Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Selasa (19/5).

Menurut Santosa,   bukan hal yang sulit bagi TNI untuk melakukan pembangunan itu sendiri, namun pihaknya ingin mengajak kebersamaan antara TNI dengan seluruh masyarakat di lingkungan yang sedang dilakukannya program tersebut.
“Bahkan,, seluruh anggota yang terlibat TMMD diwajibkan  menginap di rumah warga agar tercipta kebersamaan,” tuturnya.

Sementara itu, Muhamad Sahlan Ketua RT02/02, Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong mengatakan, programTNI  memperbaiki salah satu rumah warganya (Ibu Inah) menjadikan warga bersemangat membantu pekerjaan TNI.”Warga bergotong royong membantu TNI, baik dalam bentuk tenaga atau menyumbang makanan,”ujar Sahlan saat makan siang bersama anggota TNI dan warganya di rumahnya, kemarin.

Ia mengatakan, selain tercipta semangat gotong royong antara warga dan TNI. Terjalin pula persahabatan dan silaturahmi yang semakin erat selama TMMD berlangsung.”Terjalin komunikasi yang baik antara warga dan TNI. Bahkan saya merasa berat jika harus berpisah setelah TMMD selesai. Saat ini, kalau tidak ada satu anggota kami merasa kehilangan,”ungkapnya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar