HUT RI, Pemkot Siapkan DED Fly Over Markaswangi


Balaikota | Depok Terkini
Pemerintah Kota Depok telah menyiapkan Design Engenering Detail (DED) rencana pembangunan Fly Over Margonda Kartini Dewi Sartika Siliwangi (Markaswangi) guna mengatasi problema kemacetan di Kota Depok. Hal itu ditegaskan Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail saat menjadi Inspektur Upacara HUT RI ke-70 di Lapangan Balaikota Depok, Senin (17/8).

"Fly Over itu akan menghubungkan Jalan Margonda sebagai poros sehingga dapat menyelesaikan kemacetan. Nantinya dengan fly over tidak perlu melewati lampu merah lagi, dan lintasan pintu kereta di Jalan Dewi Sartika,"ujar Nur Mahmudi.

Menurut dia, fly over akan mengubah semua arah lalu lintas baik dari arah barat, timur, selatan, dan utara. Nantinya arah dari Jalan Dewi Sartika menuju Jalan Siliwangi, Kartini, dan Margonda melalui fly ober. Begitu pula sebaliknya,"ungkap Nur Mahmudi.

Untuk mewujudkan program tersebut, lanjut Nur, diperlukan dukungan dari pimpinan DPRD Depok dan unsur Muspida."Kita tidak bisa membangun tampa ada dukungan dan kerjasama yang baik. Anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 700 milyar,"tutur Walikota.

Menanggapi rencana itu, Ketua DPRD Kota Depok Hendrik Tangke Allo mengatakan rencana itu menjadi pekerjaan rumah (PR) buat seluruh warga Depok. Jadi, bukan hanya dari pemerintah tetapi diperlukan keterlibatan masyarakat."Pada saat pembangunan akan melibatkan masyarakat, seperti penggusuran lahan, itu harus diperhatikan juga."tegasnya.

Terkait besarnya anggaran pembangunan sebesar Rp.700 milyar, Hendrik mengaku perlu dukungan anggaran dari Pemerintah Pusat, Provinsi, dan tentunya daerah. Kita belum hitung, soalnya APBD Depok saja Rp2,1 trilyun, kalau dialokasikan kesana, rakyat dapat apa,"tandasnya.(ndi)