Kodim 0508/Depok Ikut Meriahkan Pesta Rakyat Ciliwung

Jakarta | Depok Terkini

Ratusan warga di bantaran Sungai Ciliwung, Kelurahan Balekambang, Condet Jakarta Timur, tumpah ruah menyaksikan  hiburan dan lomba Pesta Rakyat Ciliwung (PRC) yang digelar Jajaran Kodim 0508/Depok, Sabtu (15/8).

Kegiatan yang menyuguhkan hiburan musik dangdut, pasar murah, dan berbagai jenis perlombaan itu, juga dibarengi dengan sosialisasi terkait kebersihan Sungai Ciliwung.

Menurut Dandim 0508/Depok, Letkol Inf Santosa. Kegiatan PRC ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-70, dengan berbagai jenis perlombaan. Diantaranya panjat pinang, pukul bantal di sungai, balap karung, memindahkan belut, lomba joget dan lain-lain.

"Kita libatkan masyarakat setempat, termasuk organisasi pemuda, FKPPI untuk bersama-sama memeriahkan pesta rakyat ini,"ujar Santosa saat ditemui di lokasi Pesta Rakyat Ciliwung didampingi Ketua Persit Cabang Kodim Depok.

Purnomo salah satu warga Balekambang, Condet mengatakan Pesta Rakyat Ciliwung ini merupakan kegiatan positif sekaligus bentuk kepedulian TNI AD kepada masyarakat. Menurut dia, kondisi Ciliwung saat ini lebih baik jika dibandingkan kondisi pada 10 tahun kebelakang yang sangat tercemar.

"Kondisi Ciliwung saat ini lebih baik dari sebelumnya."Sebelum dibersihkan, anak-anak tidak berani mandi di Ciliwung karena kotor, sekarang anak-anak sudah bisa mandi di Ciliwung seperti 30 tahun lalu,"tegas Purnomo seraya berharap aksi bersih Ciliwung yang dilakukan TNI tidak berhenti sampai disini saja, tetapi bisa diteruskan secara rutin.

Purnomo menambahkan, dengan berbagai lomba yang digelar TNI ini menandakan bahwa kemanunggalan TNI dengan masyarakat sangat dekat seperti tidak ada jarak."Warga sangat antusias dan akrab bersama TNI,"ungkap Syaiful kepada Depok Terkini.com.


Sementara itu, Kepala Keuangan Kodam Jaya (Kakudam Jaya) Kolonel Syaifu Anwar usai meninjau lokasi kegiatan Kodim Depok mengatakan, acara yang diselenggarakan Kodim Depok berjalan lancar berkat kerjasama dengan masyarakat dan seluruh jajaran Kodim Depok.

"Saya harap kebersamaan ini bisa dilanjutkan, tidak hanya saat kegiatan ini, tetapi berlanjut untuk masa yang akan datang,"tandas Syaiful Anwar.(ndi)