Anggota Veteran Depok Merasa Diperhatikan TNI

Sukmajaya | Depok Terkini

Digulirkannya program rehab rumah bagi anggota veteran di wilayah Kodim 0508/Depok membawa kesan tersendiri bagi Lidya Sripeni (65), istri dari anggota Veteran Alm Serda Marinir Pranggano.

Nenek dengan enam cucu itu mengaku sangat bersyukur karena rumah berukuran 21/92 yang rusak sejak 10 tahun terakhir akhirnya bisa diperbaiki melalui bantuan TNI."Saya tidak menyangka rumah saya diperbaiki, ternyata saya masih diperhatikan oleh TNI,"tutur Lidya saat ditemui di kediamannya di Jalan Angsana I/326, Kelurahan Mekarjaya, Sukmajaya, Depok, Jum'at (25/9).

Wanita dengan lima anak itu menceritakan bahwa suaminya telah mengabdi kepada negara selama 35 tahun sebagai anggota TNI. Bahkan sejumlah penghargaan telah diterimanya, yakni Setya Lencana Wira Dharma, dan Setya Lencana Seroja."Suami saya pernah ditugaskan di Timor-timor dan Malaysia. Setelah suami saya meninggal tahun 2005 lalu, saya dan anak-anak tidak berdaya untuk memperbaiki rumah,"ungkap Lidya.

Ia menceritakan, kondisi rumahnya yang ditempati sejak tahun 1978 itu rusak dibagian atap, talang bocor, kamar mandi, dan selalu bocor saat hujan."Kondisi rumah sudah tidak nyaman untuk ditinggali, namun apa daya, hanya rumah ini satu-satunya yang saya miliki bersama almarhum suami,"terangnya.

Karena itu, lanjut Lidya, dengan adanya program rehab dari TNI ini, dirinya mendoakan agar TNI tetap maju dan jaya selalu.

Arsipus salah satu putra Alm Serda Pranggano mengaku sangat senang mendapat bantuan dari TNI."Saya senang sekali, orang tua saya bisa tinggal dirumah ini lebih baik lagi dari sebelumnya. Saya tidak bisa memperbaiki karena saya hanya seorang buruh. Namun tidak menyangka bisa mendapat bantuan TNI,"tandasnya.

Sementara itu, Danramil 03/Sukmajaya, Kapten Inf Kholidi mengatakan, pekerjaan perbaikan rumah ditargetkan selesai dalam 10 hari. Rehab meliputi pemasangan plafon, plester seluruh tembok, pemasangan keramik, perbaikan kamar mandi, pengecatan, dan pemasangan kanopi."Kami terjunkan enam personil untuk pekerjaan perbaikan. Diharapkan perbaikan bisa selesai tepat waktu sehingga keluarga anggota Veteran bisa tinggal lebih nyaman. Almarhum adalah orang yang berjasa kepada negara,"tandas Kholidi.

Camat Sukmajaya, Dadang Wihana mengatakan program rehab rumah bagi anggota Veteran ini merupakan sebuah titian kasih antara prajurit aktif dengan purnawirawan. Menurut Dadang, alm Serda Pranggano memiliki jasa untuk negara. Jadi, kegiatan ini merupakan hal yang positif dan kami selalu support berbagai program TNI yang benar-benar manunggal kepada rakyat.

"Program TNI sudah banyak dilakukan, tidak hanya rehab rumah, tapi ada perbaikan jamban dan aksi bersih Sungai Ciliwung,"ujar Dadang.

Dikatakan, selama ini nasib purnawirawan atau Veteran seringkali tidak diperhatikan, padahal saat mereka bertugas banyak sekali kiprah yang dilakukan. Karenanya dengan rehab rumah veteran ini merupakan hal positif antara generasi baru dengan generasi lama,"tandas Camat yang sudah mengikuti Wamil selama dua tahun di Papua itu.(ndi)