Damkar Depok Berikan Pelatihan 40 Daerah

Kota Kembang | Depok Terkini

Dinas Pemadan Kebakaran (Damkar) Kota Depok akan melatih 40 daerah dan 95 personel di Indonesia. Rencananya, instruktur dari Damkar Depok akan memulai pelatihannya pada 28 September hingga 3 Oktober 2015.

“Untuk daerahnya belum terinci, yang jelas provinsi yang ada di Indonesia. Kami masih menunggu dari Depdagri, karena Depdagri lah yang nantinya akan menunjuk daerah mana saja,” ujar Yayan Arianto, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, kemarin.

Ia menjelaskan, bahwa dari segi kualitas SDM di Damkar Depok sudah cukup mumpuni. Namun dikatakannya, dari segi jumlah masih kurang. Untuk saat ini personel Damkar baru mencapai 132 orang, jauh dari kondisi ideal yang mencapai 400 personel.

“Kami memiliki instruktur sebanyak 10 orang, semuanya telah memiliki sertifikat. Sertifikat itu dikeluarkan langsung oleh Depdagri,” paparnya.

Tak puas sampai di situ, ke depan Yayan akan mengirimkan kembali untuk pendidikan dan pelatihan tingkat inspektur, tingkat montir, serta meningkatkan lagi juru padam 3, 4 dan seterusnya.

“Insya Allah jumlah SDM yang bersertifikat tahun ini akan bertambah lagi, kami sudah usulkan. Setiap tahun memang ada penambahan dengan harapan kualitas SDM di kami semakin baik,” pungkasnya.(rt)