Idris : Jadikan Masjid Sebagai Tempat Pemberdayaan Masyarakat


Tapos | Depok Terkini

Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad mengatakan, masjid merupakan sebuah pusat kegiatan pengembangan dakwah Islam dan pengembangan sumber daya manusia. Selain itu, masjid juga bisa sebagai tempat perbedayaan masyarakat, namun tidak hanya dalam bidang ritual, tetapi dalam bidang lainnya diataranya kesehatan, dan pendidikan. 

Menurut Idris, peran masjid bisa direvitalisasi untuk pengembangan pemberdayaan masyarakat sehingga bisa menjadi sebuah lembaga mitra pemerintah dalam mewujudkan sumber daya manusia yang religius, dan unggul.

"Masjid juga bisa dijadikan sebagai tempat kelompok belajar mengajar (KBM), Saya ingin DKM berlomba-lomba dalam kebaikan, kalau perlu diadakan standarisasi kapasitas pengurus masjdi,"ujar Idris disela acara peningkatan kapasitas DKM se-Kecamatan Tapos, Kamis (10/9).

Camat Tapos Muchsin Mawardi mengatakan, bimbingan teknis peningkatan dan pelatihan kapasitas DKM, kecamatan Tapos sudah dilaksanakan sejak beberapa waktu. Awalnya diikuti pengurus DKM dari empat kelurahan, dan kali ini diikuti dari tiga kelurahan yaitu kelurahan Sukamaju Baru, Sukatani, dan Leuwinanggung.

"Pelatihan ini juga sebagai wahana guna mempererat jajaran pemerintahan dengan jajaran alim ulama, ketua DKM se-kecamatan dan meningkatkan kapabilitas DKM dalam mengelola masjid. Para ketua DKM diharapkan dapat memaksimalkan perannya dalam memberdayakan masyarakat,"tandas Muchsin.(ndi)