Kodim 0508/Depok Angkat Sampah di Kali Cabang Barat

Pancoran Mas | Depok Terkini

Mengantisipasi banjir di sepanjang Kali cabang barat di wilayah kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas. Ratusan personil gabungan tri pilar dari Kodim Depok, unsur pemerintah, kepolisian, serta masyarakat bahu membahu membersihkan sampah di Kali Cabang Barat sepanjang 300 meter.

Aksi bersih dikoordinir langsung Dandim 0508/Depok Letkol Inf Santosa yang dihadiri Kepala BLH Kota Depok Wijayanto, Camat Pancoran Mas Utang Wardaya, Lurah Mampang Iskandar, serta masyarakat sekitar.

Menurut Dandim 0508/Depok, Letkol Inf Santosa. Dimusim kemarau ini kondisi kali sudah banyak dipenuhi sampah dan terbentuknya sidementasi yang cukup tinggi. Tumpukan sampah terlihat jelas berserakan di bantaran kali, baik sampah yang dibuang masyarakat maupun sampah dari hulu."Karena itu kita bersihkan bersama-sama, dan diharapkan hasilnya bisa maksimal."ungkap Santosa.

Dandim berharap kegiatan aksi bersih bersama tripilar ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dibutuhkan."kami selalu siap, semua ini demi kepentingan lingkungan bersama. Apalagi Walikota sangat eksis dengan masalah kebersihan, jadi kita harus dukung program beliau,"ungkap Santosa.

Sementara itu, Camat Pancoran Mas, Utang Wardaya mengatakan, kegiatan karya bakti Kodim bersama masyarakat ini sangat mendukung program pemerintah Depok yakni dalam rangka mewujudkan lingkungan yang bersih, kali bersih dan hidup sehat."Aksi bersih ini juga sebagai antisipasi pengendalian banjir di wilayah Depok,"kata Utang.

 Melihat banyaknya sampah yang berserakan di pinggiran kali, Utang menilai bahwa tingkat kesadaran masyarakat masih kurang dalam hal membuang sampah."Kita harus buat pemberitahuan kepada masyarakat tentang budaya buang sampah sembarangan jangan lagi dilakukan. Kebiasaan buang sampah sembarangan jangan dibiarkan,"tegas Utang.

Karenanya, lanjut Utang, diperlukan penerapan sanksi dan aturan tegas bahwa membuang sampah sembarangan itu dilarang oleh pemerintah."Adanya sanksi tegas dapat menjaga kelestarian kali dan menjaga kebersihan lingkungan. Kesadaran masyarakat masih sangat kurang untuk bisa menerapkan aturan buang sampah pada tempatnya,"tutupnya.(ndi)