Basolia Gelar Pengobatan Gratis

Sukmajaya | Depok Terkini

Badan Sosial Lintas Agama (Basolia) Kota Depok menggelar pengobatan gratis di Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Depok, Kali Mulya, Kecamatan Sukmajaya. Sedikitnya 111 pasien dari lingkungan sekitar dan kelurahan Kali Mulya antusias ikut pengobatan gratis tersebut.
Ketua Basolia Kota Depok Ust. Nasihun Syahroni mengungkapkan  masyarakat sangat antusias mengikuti pengobatan gratis. 

“ini murni kegiatan sosial yang tidak ada embel-embel apapun. Semuanya bersumber dari swadaya lintas agama Depok,  dari Obor Berkat Indonesia (OBI) dan NU Depok,”paparnya, Kamis (15/10).

Syahroni mengaku dari target 300 pasien, pihaknya bisa memberikan pengobatan sebanyak 111 orang pasien dari pukul 08.00-13.00 WIB.  Menurutnya, mayoritas pasien memeriksakan kesehatan gigi.  Dia menambahkan, dalam kegiatan tersebut  dibantu  dua dokter gigi dan tiga  dokter umum dari OBI. Dirinya menilai  dengan pengobatan gratis tersebut maka  masih banyak  masyarakat yang  membutuhkan pelayanan kesehatan.  Menurutnya,  Pemerintah  telah mengadakan program BPJS tapi di masyarakat masih ada yang mengharapkan atau belum terjangkau oleh BPJS. 

“Ke depan, kita berharap  Pelayanan Kesehatan di masyarakat harus ditingkatkan dan diperbaiki.  Masyarakat  belum cukup dengan BPJS,  sebab masih ada yang masih segan ke puskesmas, karena antri, tempatnya kejauhan dan  kita ambil sela-sela itu untuk dekati mereka. Kita tidak berhenti disini saja, tapi nanti kita akan mengadakan operasi katarak dan bibir sumbing. Di Depok sendiri pada 31 Oktober  akan mengadakan pawai budaya dari lintas agama,”paparnya.

Ketua PC NU Depok  Ust. Raden Salamun mengungkapkan mendukung kegiatan Basolia karena salah satu tujuannya untuk  kemaslahatan umat di dalamnya  ada pelayanan kesehatan.  Menurut dia,  kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian pada masyarakat dan harus di dukung penuh oleh semua pihak.

“Kita sangat mengapresiasi kegiatan Basolia yang merupakan gerakan kerakyatan yang luar biasa dan  tak pandang asal usul. Apalagi, kalau kegiatan ini disosialisasikan dengan gencar, tentu akan lebih baik karena mendapatkan dukungan yang lebih banyak dari berbagai pihak,”tandasnya.(huma)