Modifikasi Motor Jadul Digemari Kaum Muda

Beji | Depok Terkini

Berawal dari hobi otak atik motor sendiri, Mulyadi alias "negro" akhirnya berhasil merubah tampilan motor klasiknya menjadi ekslusif dan unik untuk dilihat. Kemampuannya memodifikasi motor klasik ternyata mampu menarik perhatian kalangan remaja yang menginginkan memodif kendaraan mereka dengan gaya klasik dan berbagai aliran motif.

"Awalnya cuma hobbi saja mengotak atik motor sendiri, ternyata banyak yang tertarik dan minta dibuatin,"kata Mulyadi pemilik bengkel motor modifikasi di  Jalan Raden Sanim, RT06/02 Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Selasa (13/10).

Mulyadi menceritakan, dirinya mulai membuka bengkel tahun 1999, setelah ia berhenti berkerja tahun 1997." Tahun 1998 saya mulai buka bengkel dirumah,  dan konsen ke bengkel," ungkapnya.

Pria kelahiran 6 Mei 1982 itu menceritakan cara modifikasi motor. Menurutnya, semua pekerjaan dilakukan sendiri, namun saat bekerja dirinya dibantu beberapa anak-anak muda, tetapi tidak terlibat dalam proses modifikasi."Modifikasi saya kerjakan sendiri, anak muda yang sering kumpul di bengkel suka ikut bantu bongkar saja,"terang  Mulyadi.

Dalam kondisi ramai, kata dia, jumlah pesanan modifikasi bisa mencapai diatas 10 motor. Proses pengerjaan menghabiskan waktu hingga tiga bulan."Kita tidak pernah mengerjakan atau konsen hanya satu motor saja,  minimal dikerjakan empat motor sekaligus. Setalah selesai bisa diambil pemiliknya,"pungkasnya.

Adapun bentuk modifikasi, lanjut Mulyadi, tergantung dari pesanan. Kalau konsumen menginginkan modifikasi penuh (full) dan semua sparepart dari bengkel, maka pihaknya siap menyediakan semua sparepart dari yang terkecil hingga terbesar.

"Tergantung berapa budget konsumen aja. Tetapi kalau konsumen bawa sparepart sendiri, seperti velg, ban, dan shockbleker yang minta dipasangin, kita siap merakit saja. Tapi kebanyakan konsumen minta terima beres saja,"tutur Mulyadi

Ia menjelaskan, untuk modifikasi motor standar biayanya maksimun sekitar Rp.6 juta. Tergantung permintaan konsumen sparepartnya mau dikasih jenis apa,"ujarnya lagi.

Mulyadi menambahkan, bengkelnya menerima semua jenis motor untuk modifikasi, termasuk motor matic. Namun kebanyakan yang permintaan modifikasi adalah motor batangan."Kita konsenya motor batangan, tapi terima juga jenis motor lain. Ada juga yang sekedar minta cat airbrush, naikin CC, dan tambah asessoris motor,"tandasnya.(dimas)