Percantik Kulit Wajah dengan Scrub Daun Kopi

Beji | Depok Terkini

Apakah anda ingin tampil cantik, ada cara mudah dan tidak perlu repot datang ke salon. Rahasianya cukup dengan daun kopi yang memiliki khasiat besar.

Aldi Putra Madya, Mahasiswa Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Indonesia angkatan 2010 mampu menyulap daun kopi menjadi scrub facial pembersih wajah. Scrub ini berfungsi untuk menjadikan kulit wajah menjadi lebih cerah.

Menurutnya daun kopi cocok bagi kulit wajah yang berminyak. Pasalnya daun kopi mampu menutup pori – pori wajah menjadi lebih kecil. Sehingga produksi minyak wajah berkurang.

“Keunggulannya scrub kan biasanya dari biji – bijian, kalau scrub daun kopi mampu mengelupas kulit mati. Daun kopi mengangkat dan mengecilkan pori – pori kulit. Cocok untuk kulit berminyak,” jelasnya dalam Pameran Hasil Riset Inovatif Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI), Kamis (1/10).

Aldi mengungkapkan bahwa hasil inovasinya itu belum dikomersialisasikan. Namun ia sudah mendaftarkannya untuk mendapatkan hak paten.

“ Baru daftarkan hak paten, Mei lalu. 6 bulan kira - kira Desember keluar lalu saya akan komersialisasikan,” ungkapnya.

Temuan Aldi mampu meramaikan khasanah industri obat herbal. Penggunaannya, kata dia, sebaiknya dipakai setelah mandi agar hasil lebih optimal.

“Ini bentuknya gel, dikasih scrub daun kopi. Ini pengembangan skripsi saya. Alasannya karena saya dari Sumatera Barat maka daun kopi disana banyak. Lalu saya tambahkan menthol agar lebih segar di kulit,” jelasnya.(ris)