UI Gelar Seminar Nasional Binter TNI AD

Beji | Depok Terkini

TNI Angkat Darat bekerja sama dengan Universitas Indonesia menggelar Seminar Nasional Pembinaan Teritorial (Binter) di Balai sidang, Kampus UI, Depok. Seminar yang bertemakan "Mewujudkan Sishanta yang Tangguh melalui Penguatan Peran Binter TNI-AD dalam Membantu Menyiapkan Kekuatan Pertahanan Negara" digelar selam dua hari, 15-16 Oktober 2015.

Menurut Kepala Staf Angkat Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono. Seminar Nasional Binter digelar dilatarbelakangi atas situasi keamanan global dan regional yang terancam atas kepentingan perebutan sumber-sumber energi/mineral, pangan dan air. Strategi yang digunakan bukan lagi berbasis serangan militer, melainkan melalui perang asymetris, perang hibrida, dan perang by proxy. Kondisi tersebut dapat dilihat dari sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Menghadapi situasi tersebut diperlukan peran serta selauruh komponen bangsa termasuk TNI AD yang dilaksanakan melalui pembinaaan teritorial,"jelas Mulyono

Ia berhatap dengan seminar yang menghadirkan para akademisi UI mampu memberikan gagasan blueprint sistem pertahanan semesta (Sishanta) yang tangguh dan dapat dijadikan pedoman oleh seluruh komponen bangsa serta menjadi ajang diskusi ilmiah untuk membahas alternarif dan solusi dalam menghadapi  perang asimetris dan proxy war seluruh komponen bangsa.

" Seminar ini bertujuan menyamakan persepsi, pola pikir yang konprehensif dan obyektif, serta cara bertindak yang profesional, proporsional para penggiat teritorial. Selain itu, dapat disusun draf regulasi yang menjabarkan tentang tugas pokok TNI sesuai dengan UU NO 34 tahun 2004 dalam membantu pemerintahan, memperkuat penataan komponen cadangan dan komponen pendukung dalam rangka penguatan sistem pertahanan semesta,"tandasnya.

Seminar  dihadiri para akademisi dan mahasiswa dari sejumlah Perguruan Tinggi Negeri dan swasta, diantaranya UI, UGM, UNPAD dan lainnya.(ndi)