Walikota Kukuhkan Pengurus Dekopinda Kota Depok Periode 2015-2020

Balaikota | Depok Terkini

Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail mengukuhkan pengurus Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Depok periode 2012-2020 di aula Perpustakaan Balaikota Depok, Rabu (7/10).

Menurut Ketua Panitia pengukuhan, Muchklas. Pengurus terdiri 100 anggota perwakilan dari 600 koperasi yang ada di Depok. Susunan pengurus meliputi Ketua, wakil ketua dan lima kepala bidang."Hasil musda telah menyepakati susunan pengurus yang akan dilantik oleh Dekopinwil Jabar, dan dikukuhkan oleh Walikota Depok,"ujar Muchklas.

Ketua terpilih,  Dr.H. Teguh  mengatakan, koperasi sebagai soko guru saat ini memang kurang mendapat perhatian. Karena itu, pihaknya bersama pemerintah kota Depok akan memberikan pembinaan seluruh koperasi di Kota Depok,"Kita targetkan lima tahun kedepan sebanyak 100 koperasi bisa naik kelas. Dari kelas kecil ke menengah, tujuannya agar bisa membiayai sendiri, sehat dan mandiri,"tuturnya.

Selain itu, Teguh juga menargetkan bisa mewujudkan lima koperasi berprestasi sekaligus menggelar rapat kerja daerah (Rakerda). Dari 600 koperasi yang dinilai aktif, hanya 300 koperasi yang mampu menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT)."Jadi hanya 50 persen saja yang bisa RAT, sedan gkan yang tidak bisa menggelar RAT akan kita bina,"ungkapnya.

Mengantisipasi adanya koperasi fiktif, Teguh memastikan tidak akan ada lagi koperasi yang hanya bermodalkan papan nama saja."Dulu koperasi di Depok ada 900, namun 300 koperasi hanya papan nama saja dan akhirnya koperasi tersebut kita hapuskan. Jangan hanya banyak saja tetapi harus berkualitas,"tegasnya

Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail meminta kesungguhan kerja dari pengurus Dekopinda kota Depok, khususnya dalam sistem pengontrolan dan managemen."Yang diperlukan adalah masalah kesungguhan. Selama kita benar melaksanakan upaya dengan sistem yang benar. Jangan ceritakan masalah koperasi yang suram, jika ingin mewujudkan koperasi yang terbaik, bertahan dan berkualitas."tandas Nur Mahmudi.(ndi)