Wujudkan Udara Bersih, BLH Gelar Uji Emisi

Sukmajaya | Depok Terkini

Dalam upaya menjaga kualitas udara di Kota Depok tetap bersih, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok menggelar uji emisi di Jalan Juanda, Sukmajaya, Rabu, (18/11). Uji emisi kali ini merupakan uji emisi ke 24 dari target 25 kali uji emisi di seluruh wilayah Kota Depok.

"Uji emisi ini merupakan agenda rutin kami, diharapkan dengan uji emisi ini masyarakat dapat lebih peduli lagi terhadap lingkungan, dengan merawat dan memelihara kendaraannya," ujar Kepala Sub Bagian Air dan Udara BLH Kota Depok, Yuliman Ibrahim

Ia menambahkan, tujuan dari uji emisi tersebut tak lain untuk menciptakan langit biru bersih dan terbebas dari polusi udara.

“Setiap kegiatan ditargetkan bisa 100 kendaraan, target setahun bisa mencapai 2500 kendaraan, bahkan terkadang lebih dari itu. Kalau gas buang kendaraan melebihi ambang batas, akan mempengaruhi kualitas C02, karenanya kendaraan harus dirawat dengan baik,"katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika ada kendaraan yang tidak lolos dalam uji emisi, maka pihaknya akan memberitahukan atau mengimbau secara lisan agar pemilik kendaraannya membawa ke bengkel.

“Silahkan diserivice kendaraannya, terutama emisinya. Jika tidak lolos uji emisi, akan kami beri stiker berwarna merah yang menandakan tidak lolos. Jika lolos, stikernya warna biru,” tandas Ibrahim.

Selama uji emisi dilakukan, Blh juga melibatkan Dinas Perhubungan (Dishub) terkait dengan kendaraan angkutan kota (angkpt) dan Satuan Lalu lintas Polresta Depok guna  menjaring ratusan kendaraan yang melintas di jalan tersebut.(ndi)