Polres Launching Pangkalan Ojeg Kamtibmas

Pancoran Mas | Depok Terkini

Wakil Kepala Kepolisian Resort Kota Depok, AKBP Irwan Anwar melaunching pangkalan ojek di depan Gerbang Grand Depok City, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, sebagai pangkalan ojek Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), Rabu (18/11). Peluncuran ditandai dengan pemasangan banner dan pemakaian rompi kepada perwakilan pengojek.

Hadir dalam acara tersebut, Camat Pancoran Mas Utang Wardaya, Kasat Bimas Kompol Suharto, para Kapolsek, Babinsa dan puluhan pengojek di pangkalan tersebut.

Menurut Camat Pancoran Mas, Utang Wardaya. Inisiatif dan gagasan Polres mewujudkan pangkalan ojek kamtibmas merupakan moment penting dalam membangun kebersamaan dan tugas pengamanan di wilayah."Jalur di pangkalan ini menghubungkan antara wilayah timur dan barat, jadi keberadaan para pengojek dapat membantu memberikan informasi terkait keamanan. Ini sangat strategis sekali,"ujar Utang.

Ia berharap dengan adanya pangkalan ojek kamtibmas bisa diperoleh informasi cepat terhadap kejadian atau peristiwa yang mengganggu keamanan masyarakat."Ini komitmen kita untuk membangun Depok menjadi aman dan nyaman. Pangkalan ini akan memperkuat informasi,"tegasnya.

Sementara itu, Wakapolresta Depok, AKBP Irwan menjelaskan, masalah keamanan di Kota Depok bukan hanya menjadi tanggung jawab kepolisian, namun diperlukan peran aktif masyarakat, termasuk tukang ojek yang memiliki jangkauan wilayah kerja yang luas.

"Jumlah penduduk Depok sudah mencapai dua juta lebih, dan aktifitas pergerakan manusia dan barang 24 jam. Tentunya akan berdampak pada berbagai permasalahan, seperti macet dan lainnya. Karenanya pangkalan ojek ini siap 24 jam melaksanakan tugas kamtibmas,"kata Irwan.

Ia berharap, dengan diresmikannya pangkalan ojek kamtibmas ini, dapat membantu masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban, khususnya di titik-titik rawan macet dan aksi kejahatan.

"Jalur ini sering dimanfaatkan orang untuk berbuat kriminal. Karenanya tukang ojek disini dapat memberikan informasi awal kepada kepolisian. Mudah-mudahan dengan adanya pangkalan ini tugas kepolisian bisa terbantu,"harapnya.

Kasat Bimas Polresta Depok, Kompol Suharto menambahkan, masih sekitar 200 pangkalan ojek binaan Polres yang akan diwujudkan menjadi pangkalan ojek Kamtibmas.

" Diharapkan seluruh pangkalan ojek di Kota Depok bisa menjadi mitra Polri dan bersinergis dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat,"tandas Suharto.(ndi)