SMA Tugu Ibu Gelar Festival Marawis dan Qosidah

Sukmajaya | Depok Terkini
Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAw, Yayasan Pendidikan Tugu Ibu menggelar festival Marawis, Qosidah dan Rebana tingkat Kota Depok selama dua hari, 22-23 Januari 2015.

Festival kerjasama dengan Lembaga Seni dan Qosidah Indonesia (Lasqi) Kota Depok diikuti sedikitnya 20 peserta Qosidah, dan 11 peserta Marawis dari Mts dan majelis taklim.

Menurut Ketua Panita Festival Marawis, Deden Abdul Salam. Tujuan festival marawis ini merupakan satu rangkaian dari kegiatan Maulid nabi Muhammad SAW di SMA 1 Tugu Ibu. Berbagai lomba seni telah digelar di internal sekolah, seperti tilawah, kaligrafi, fashion show, pidato, dan busana muslimah.

"Lomba-lomba itu nantinya akan diikutsertakan dalam pesta PAI tingkat kota Depok dan provinsi Jabar,"ungkap Deden.

Dijelaskan, lomba marawis diikuti siswa tingkat SMP dan rebana diikuti ibu-ibu dari majelis taklim. Artinya bagi siswa SMP yang akan melanjutkan ke SMA diharapkan setelah mengikuti lomba memiliki talenta dibidang kesenian islami. Demikian pula dengan ibu-ibu, akan bisa meneruskan kepada anaknya dalam mengembangkan seni islami."Ternyata masyarakat sangat antusias mengikuti festival ini, kami juga sediakan hadiah selain piala juga uang pembinaan,"terang Deden.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok Idris Abdul Shomad mengatakan festival ini bukannya hanya sekedar penampilan kesenian tetapi diharapkan bisa menjadi ajang dalam melestarikan seni budaya Islami di Kota Depok sekaligus sosialisasi Islam lewat lagu-lagu melalui marawis dan qosidah.

"Kalau dilihat sejarah, qosidah lahirnya bersamaan dengan lahirnya agama Islam. Selanjutnya dikembangkan dengan berbagai nyanyian untuk mensiarkan agama Islam,"tandas Idris.

Selain lomba Marawis, digelar pula bazar kuliner yang diikuti seluruh siswa SMP dan SMA Tugu Ibu. Wawali menyempatkan diri mengunjungi stand bazar sekaligus membeli beberapa makanan yang dijajakan siswa.(ndi)