85 Siswa Penghafal Al-quran Diwisuda

Cinere } Depok Terkini

Gerakan menghafal Al-Qur’an terus tumbuh di Kota Depok. Salah satunya yang diterapkan di Yayasan Pendidikan Islam Sa'adatain di wilayah Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, Depok.  Sekolah ini mencetak penghafal Al-quran mulai dari tingkat Taman Pendidikan Al-quran (TPA), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Setiap tahunnya puluhan anak-anak di wisuda Tahfidz untuk menjadi penghafal Al-Qur’an.

"Wisuda Tahfidz merupakan program tahunan dan unggulan di YPI Sa'adatain. Al-quran sebagai kitab suci umat muslim harus dihafal,"ujar Ketua YPI Sa'adatain pada Wisuda Tahfidz puluhan siswa, Sabtu (20/2).

Ia menjelaskan, dalam wisuda tahfidz tahun ini terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah menghafal al-quran. Target siswa untuk lulus dari sekolah ini harus hafal dua juz. Wisuda Tahfidz terdiri dari 28 siswa TK, dan tingkat SD dan SMP sebanyak 57 siswa."Untuk mendapatkan ijazah, setiap siswa minimal harus menghafal satu juz,"tegasnya.

Walikota Depok, Muhammad Idris yang hadir dalam wisuda tahfidz tersebut mengaku senang karena disambut dan dikelilingi oleh anak-anak penghafal Al-quran. idris juga mengaku bangga karena ada siswa kelas dua sekolah dasar sudah bisa menghafal juz 30."Mudah-mudahan ini sebagai isyarat yang jelas dari Allah SWT, bahwa Allah yang menjaga seluruh warga Depok dari hal-hal yang tidak disukai dan diridhoi Nya,"kata Idris.

Menurut Walikota, di Depok selain ada sekolah yang memiliki spesialisasi tahfidz qur'an, baik sekolah maupun pondok pesantren. Namun ada juga lembaga yang khusus membina warga Depok mulai dari Tk hingga perguruan tinggi. Hal itu menandakan bahwa kesadaran masyarakat khususnya umat Islam untuk menjaga Al qur'an.

"Para penghafal Al-quran sudah membantu pemerintah kota dalam mewujudkan kota Depok sebagai kota religius. Dengan hafalan al-quran ini tentunya keberkahan yang kita inginkan demi kemajuan kota Depok, khususnya dalam bidang spiritualitas, ahlaktul kharimah bisa meningkat,"tandasnya.
Idris juga berencana mengusulkan adanya bantuan anggaran kepada DPRD untuk memperhatikan lembaga-lembaga tahfidz Quran di Kota Depok.(ndi)