Babinsa Kodim 0508/Depok Tingkatkan Kemampuan Komsos

Pancoran Mas | Depok Terkini

Kodim 0508/Depok menggelar program rutin Peningkatan Kemampuan Komunikasi Sosial (Katpuan Komsos) yang diikuti ratusan Babinsa jajaran Kodim Depok, Senin (29/2).

Kegiatan yang bertemakan "Melalui Peningkatan Komsos Kita Tingkatkan Kemampuan Aparat Kowil Jajaran Kodim Depok Dalam Mewujudkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat" bertujuan memberikan pemahaman tehnik berkomunikasi terhadap semua komponen bangsa, baik itu dengan Aparat Pemerintah, Komponen Masyarakat maupun Keluarga Besar TNI.

Dandim 0508/Depok menegaskan bahwa Babinsa merupakan ujung tombak satuan dalam segala aspek kegiatan di wilayah, jadi kinerja Babinsa harus diupayakan dan ditingkatkan secara terus menerus.

Sementara itu, Pasiter Kodim 0508/Depok Kapten Kav Syahroni dalam materinya yang mengulas tentang revolusi mental menjelaskan, revolusi mental adalah perubahan yang relatif cepat dalam cara berfikir, merespon, bertindak dan bekerja.

Menurut dia, perubahan telah banyak terjadi pada umat manusia dan bervariasi dalam berbagai bentuk, metode, durasi dan dalam segala hal, khususnya yang berbeda dengan norma dan aturan yang ada dan bersifat negatif bahkan cenderung mengancam stabilitas kemananan."Kita dapat melakukan perubahan dengan merubah terlebih dahulu mentalitas,"ujar Syahroni.

Ia menjelaskan tujuh mentalitas baru yang harus dilakukan, yakni dari pasif menjadi aktif, dari pesimis jadi optimis, dari mengeluh jadi fokus pada solusi, dari malas malasan jadi giat bekerja, dari mudah menyerah jadi pantang menyerah,  dari orientasi pada hasil jadi orientasi pada proses, serta dari penonton menjadi pelaku.(ndi)