Lurah dan LPM Ajak Warga Baktijaya untuk Berkoperasi


Baktijaya | Depok Terkini

Lurah Baktijaya Saiun dan Ketua LPM Baktikaya Ma'mur mengajak warganya untuk proaktif menjadi anggota koperasi, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan prekonomian dan pengembangan usaha khususnya di bidang UMKM. Tentunya menjadi anggota koperasi yang berbadan hukum dan aktif.

"Pencanangan warga harus aktif berkoperasi akan dilakukan pada puncak kegiatan HUT ke-17 Kota Depok Tingkat Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya pada 24 April mendatang di Stadion Mahakam," kata Saiun yang diamini Ma'mur, di ruang LPM setempat, Selasa (19/4).

Selain itu, kata Saiun, ajakan warga untuk berkoperasi sekaligus menghindari mereka dari jeratan para rentenir yang menawarkan kemudahan mendapatkan bantuan, yang pada akhirnya dapat terjerat dan merugikan warga itu sendiri. Tetap, dengan berkoperasi warga bisa melakukan aktivitas simpan pinjam untuk usahanya dalam meningkatkan pwrekonomian keluarga.

Untuk sementara ini, tambah Ma'mur, pihaknya melakukan kerjasama dengan Koperasi Sehati yang ada kantornya di RW 07. Di mana nantinya, tidak menutup kemungkinan warga membentuk koperasi sendiri yang berbadan hukum.

"Sebagai pilot project kita bekerjamasa dengan Koperasi Sehati. Bisa saja nanti warga membentuk koperasi sendiri. Drnhan demikian waraga bisa melakukan transaksi untuk meningkat perekonomiannya," tandas Ma'mur.

Ajakan untuk warga aktif berkoperasi ini merupakan bagian dari pelaksanaan fungsi LPM. Di mana salah satu fungsinya adalah menggali potensi warga di bidang sosial budaya, termasuk pemberdayaan di bidang ekonomi.

"Jadi bukan hanya fokus pada pembangunan fisik infrastruktur saja, sekarang ini juga harus memberikan prioritas kepada pembangunan non fisik. Khususnya pemberdayaan potensi warga di bidang usaha dan ekonomj," pungkas Ma'mur didampingi anggotanya Azis Arista dan Sidiyanto.(ash)

Posting Komentar

0 Komentar