Samsat Depok Genjot Razia Selama Sepekan

Pancoran Mas | Depok Terkini

Dalam upaya memberikan efek jera kepada para penunggak pajak kendaraan bermotor. Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Jawa Barat Wilayah I/Depok terus mengejar penunggak pajak dengan menggelar razia selama sepekan.

"Ya, kami gelar razia gabungan selama satu minggu di dua titik. Intinya dengan razia ini bisa memberikan efek jera bagi wajib pajak,"ujar Eddy Adilat saat ditemui di lokasi razia depan pintu gerbang perumahan DTC, Sukmajaya, Depok, Kamis (19/5).

Menurut Eddy, razia KTMDU yang digelar rutin setiap triwulan ternyata berdampak pada meningkatnya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor, sehingga mengurangi jumlah kendaraan yang tidak melakukan daftar ulang."Setahun kita gelar empat kali razia. Ada efek jera yang ditimbulkan dan terjadi perubahan KTMDU,"ungkapnya.

Dikatakan, indikasi terjadinya perubahan KTMDU itu berdasarkan data dari Dipenda Jabar yang menyebutkan bahwa selama digelar razia di seluruh samsat di Jabar terjadi penurunan jumlah KTMDU. Namun harus diakui juga bahwa jumlah KTMDU  setiap tahunnya selalu bertambah,"jelas Eddy.

Dari pantauan dilokasi razia, ikut terlibat dalam razia tersebut anggota Polisi Militer, Dinas Perhubungan Kota Depok, dan anggota Jasa Raharja. Razia berhasil menjaring 5675 kendaraan, sita notice pajak 46 berkas, bayar ditempat 23 berkas, dan tilang sebanyak 228 berkas.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar