Sukmajaya Bidik Pasanggiri Tingkat Jawa Barat

Abadijaya | Depok Terkini

Pada perhelatan Pasanggiri 2016 Tingkat Kota Depok yang akan digelar, Rabu (25/5) ini di SMA Sejahtera di Jalan Nusantara, Tim UPT Pendidikan TK/SD Kecamatan Sukmajaya menargetkan lolos ke lomba serupa di tingkat Provinsi Jawa Barat. Tiga mata lomba yang diharapkan berprestasi masing-masing Pupuh, Kawih dan Dongeng.

"Persaingannya memang ketat, tapi di Pasanggiri Kota Depok kali ini tiga mata lomba Pupih, Kawih dan Dongeng diharapkan meraih prestasi terbaik. Kemudian bisa lolos ke tingkat Provinsi Jawa Barat," kata Ketua Kegiatan Lomba Pendidikan Kecamatan Sukmajaya sekaligus Kepala SDN Mekarjaya 1 Haris Fadillah yang ditemui di sela-sela persiapan timnya di kantor UPT setempat, Selasa (24/5). Pada kesempatan itu ia didampingi Korlap Pasanggiri Kecamatan Sukmajaya yanh juga Kepala SDN Baktijaya 1 Supardi.

Kegiatan Pasanggiri, kata Haris, merupakan ajang bagi siswa untuk mengekspresikan potensi, bakat dan minatnya dalam bidang seni dan budaya Sunda. Kegiatan ini merupakan ekstrakurikuler (ekskul) dan muatan lokal dalam proses belajar dan mengajar (PBM) karena Kota Depok bagian dari wilayah Provinsi Jawa Barat.

"Pada Pasanggiri ini, Sukmajaya mengirim 20 siswa yang akan didampingi oleh 5 guru. Para pesertanya itu bukan berarti semuanya anak-anak keturunan Jawa Barat, ada siswa keturunan dari daerah lain. Tapi mereka itu menguasai seni dan budaya Sunda," tutur Haris yanh diamini Supardi dan Kepala UPT Pendidikan TK/SD Kecamatan Sukmajaya Abdul Hamid dan Kepala SDN Cikumpa Encih Suhaeni.

Melalui kegiatanPasanggiri ini sejak dini peserta didik diperkenalkan kepada beragamnya seni dan budaya yang ada di Tanah Air, namun keragaman itu menjadi satu kesatuan yang kokoh dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang harus dipertahankan oleh seluruh anak bangsa negeri ini.(ash)

Posting Komentar

0 Komentar