Kecamatan Tapos Jadi Incaran Pembangunan "Margonda Tiga"

Tapos | Depok Terkini

Pesatnya pembangunan di Kota Depok tidak hanya di fokuskan di jalan Margonda saja. Pembangunan seperti di jalan Margonda akan diterapkan di sejumlah wilayah kecamatan seperti pembangunan Margonda dua di kecamatan Sawangan, dan margonda tiga di kecamatan Tapos.

" Mudah-mudahan kecamatan Tapos menjadi salah satu pusat pembangunan di Kota Depok. Ada Margonda satu, Margonda dua. Bisa saja Tapos menjadi Margonda tiga, kita lihat saja peluangnya. Pembangunan infrastruktur di wilayah timur sudah diprogamkan yaitu pembangunan RSUD . Bisa saja di Tapos,"ungkap Idris saat menerima Tim Penilai Lomba Sinergitas Kecamatan Tingkat Provinsi Jawa Barat di aula Kecamatan Tapos, Depok, Selasa (21/6).

Lebih lanjut Idris mengatakan, Kota Depok dengan laju pertumbuhan penduduk yang semakin pesat kini telah mempersiapkan pembangunan empat ruas jalan tol yaitu Cijago, Desari, Cina (Cimanggis-Nagrek), dan Cimaci. Selain jalan tol, pemerintah pusat juga mendorong  pembangunan jalan yang membentang dari arah Barat ke Timur.

"Cijago sudah 60 persen untuk sesi I dan II, Desari masih proses pembebasan lahan, dan semua jalan tol itu malang melintang di pinggiran Depok dan menerobos ke tengah,"jelas Idris.

Ditambah lagi laju pertumbuhan ekonomi dan pdrb Kota Depok yang semakin meningkat merupakan tantangan bagi pemkot Depok yang menuntut peningkatan kualitas kinerja dar sinergitas dari para pemangku jabatan di wilayah." Seluruh stakehouleder sangat terkait untuk peningkatan pembangunan sinergitas demi pelayanan kepada masyarakat. Kalau kita serius dan sungguh-sungguh akan menuai hasil dimasa datang,"tandas Idris.

Sementara itu, Camat Tapos Muchsin Mawardi mengatakan Tapos terbaik merupakan tujuan akhir dari beragam kebijakan dan juga rencana kerja yang telah disusun bersama aparatur kelurahan yang ada di Kecamatan Tapos. Lima agenda utama yang telah disiapkan adalah Secure Tapos, Excellent Tapos, Healty Tapos, Smart Tapos, care public servise Tapos, dan Religius Tapos."kalau diartikan Tapos Aman, Tapos unggul dan berdaya, Tapos sehat, Tapos pintar, Tapos yang melayani dan Tapos religius,"tandas Muchsin.

Sebelumnya Anggota Komisi C DPRD Depok, Edy Sitorus menilai bahwa pelaksanaan proyek pembangunan di Kota Depok sampai saat ini banyak tertumpu di wilayah Margonda saja dan tidak merata. Akibatnya, kendati jalan protokol tersebut sudah diperlebar tetap saja tidak mampu mengatasi kemacetan arus lalu lintas."Kasus seperti ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut dan Walikota Depok harus berani menata ulang kawasan Margonda,"Ujar Edy Sitorus.

Menurutnya, di daerah-daerah lain seperti Cimanggis, Sawangan , Sukmajaya, dan wilayah Depok lainnya masih ada lahan yang bisa dimanmfaatkan untuk pembangunan. Dengan mengarahkan pembangunan di kawasan tersebut setidaknya selain pembangunan di Kota Depok merata, juga mampu memberikian solusi untuk mengatasi kemacetan arus lalu lintas.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar