Memprihatinkan Pencemaran Udara di Jalan Margonda

Sawangan | Depok Terkini

Polusi udara di kawasan Jalan Margonda sudah sangat memprihatinkan, maka perlu lebih banyak ditanamani pohon di sisi kiri, kanan dan separator jalan tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengimbangi bahkan mengurangi gas buang (CO) asap kendaraan yang melintas di jalan utama Kota Depok tersebut.

Demikian dikatakan staf kantor Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok Sariyo Sabani yang ditemui dalam kegiatan uji emisi 100 kendaraan pribadi di kawasan Telaga Golf, Sawangan, baru-baru ini. Kegiatan terpadu itu melibatkan petugas dari Dinas Perhubungan, jajaran Polresta Depok dan petugas dari mitra kerja pengujian emisi.

"Sementara ini rata-rata gas buang kendaraan pribadi cukup bagus, tapi karena banyaknya kendaraan yang melintas sudah mempengaruhi kondisi udara di kawasan Jalan Margonda. Bahkan kondisinya sudah sangat memprihatinkan, makanya perlu lebih banyak ditanami pohon baik oleh Pemerintah Kota (Pemkot) maupun oleh warga yang tinggal di sepanjang Jalan Margonda. Termasuk juga oleh para pelaku usaha yang ada di jalan tersebut," kata Sariyo didampingi Kepala Sub Dit Air dan Udara BLH Kota Depok Yuliman Ibrahim.

Menurut Sariyo, kegiatan uji emisi yanh dilaksanakan BLH merupakan satu upaya untuk mengetahui tingkat pencemaran udara di Kota Depok. Di mana untuk tahun anggaran 2016 ini BLH akan melaksanakan 15 kali kegiatan uji emisi ini. Sekarang ini sudah melaksanakan delapan kali uji emisi, berarti sudah 800 kendaraan pribadi yang terjaring pemeriksaan uji emisi ini.

"Masih tersisa tujuh kali lagi, sehingga nantinya ada 1.500 kendaraan roda emat pribadi yang diperiksa gas buangnya di kegiatan uji emisi ini. Jumlah tersebut sesuai target BLH," tandas mantan Ketua Kwarcab Gerakab Pramuka Kota Depok yang sekarang sebagai Sekretaris Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Depok.

Pada kesempatan itu Sariyo mengimbau warga Kota Depok yang memiliki kendaraan roda empat, untuk secara rutin melakukan pemeriksaan mesin kendaraannya ke bengkel khususnya pemrriksaan sistem pembakaran bahan bakar dan sistem gas buangnya.

"Pemeriksaan rutin kendaraan merupakan salah satu upaya masyarakat membantu mengurangi pencemaran udara yang diakibatkan dari gas buang kendaraan, yang telah mempengarungi kondisi udara Kota Belimbing inj," pungkasnya.(ash)

Post a Comment