Jelang Lebaran, MMS Tingkatkan Layanan Jalan Tol Tangerang-Merak

Banten | Depok Terkini

Menjelang Lebaran 1 Syawal 1437 H, PT Marga Mandalasakti (MMS) selaku pengelola Jalan Tol Tangerang-Merak menggelar sosialisasi program layanan lebaran dan keselamatan berlalu lintas. Sebagai bagian dari Grup Astra, MMS selalu mengupayakan untuk meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan berlalulintas.

Peningkatan fasilitas dan layanan tol diharapkan mampu memberikan kelancaran, keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna jalan saat mudik dan balik serta berwisata.

Kesiapsiagaan MMS ini dilakukan dengan berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Banten, Dinas Perhubungan Provinsi Banten dan PT ASDP Ferry (Persero) Cabang Merak. Diprediksi akan terjadi peningkatan volume lalu lintas sebesar 5,5 persen dari tahun lalu, puncak arus mudik pada H-5 - H-3 dan puncak arus balik H+1 - H+3 serta arus wisata H+2 - H+3.

Berbagai peningkatan layanan bagi pengguna jalan tol Tangerang-Merak telah dilakukan MMS baik dari segi layanan transaksi, lalu lintas, informasi dan perambuan serta jalan. Guna meningkatkan kelancaran saat melakukan transaksi tol, MMS melakukan penambahan 9 gardu transaksi yang terpasang di Gerbang Tol Cikupa, Balaraja Timur, Cilegon Barat dan Merak sehingga total gardu di 9 Gerbang Tol ruas Tangerang-Merak menjadi 88 dan 10 diantaranya merupakan Gardu Transaksi Otomatis (GTO). Masing-masing terpasang  di  Gerbang Tol Cikupa, Balaraja Timur, Balaraja Barat, Serang Timur, Cilegon Timur dan Cilegon Barat.

“Dengan penambahan jumlah GTO ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pengguna jalan tol saat bertransaksi terutama pengguna e-toll card dan tentunya akan memperlancar arus lalu lintas yang semakin padat”, kata Direktur Teknik dan Operasi MMS Sunarto Sastrowiyoto.

“Selain itu agar kelancaran lalu lintas tol lebih terjamin, kami juga menambah jumlah petugas gerbang tol sehingga total menjadi 377 orang”, tambahnya.

Melengkapi layanan lalu lintas, MMS menambah jumlah armada kendaraan Derek dari 10 unit menjadi 14 unit. Tak hanya itu, penambahan 3 unit kendaraan Patroli Jalan Raya (PJR) menjadi 6 unit termasuk penambahan 15 petugas PJR, total menjadi 37 orang. Bagi pengguna jalan tol yang memerlukan informasi dan bantuan atau mengalami hambatan di sepanjang ruas tol Tangerang-Merak, dapat menghubungi call center MMS di (0254) 20-78-78 atau 0-800-1-77-78-79.

Peningkatan layanan informasi dan perambuan diharapkan dapat membantu pengguna jalan, MMS  menyediakan 10 unit Variable Message Sign (VMS) atau papan display elektronik yang berisi himbauan keselamatan dan informasi terkini lalu lintas Tol Tangerang-Merak. Jumlah VMS ini sudah termasuk  2 unit tambahan yang terpasang di KM 47 dan Akses Serang Timur. Terdapat pula 2 unit VMS Otoritas Pelabuhan Penyebrangan (OPP) Merak pada di KM 38 dan KM 66 arah Merak yang memberikan informasi langsung terkait kondisi terkini Pelabuhan Merak.

Pengguna jalan juga dapat mengakses informasi Tol Tangerang-Merak melalui website www.margamandala.co.id dan akun media sosial Twitter @tol_mms.
Melengkapi perjalanan mudik, Twitter MMS juga bisa diakses melalui aplikasi Anavigo yang merupakan aplikasi navigasi perjalanan terbaru yang dikembangkan oleh AstraWorld untuk memberi kemudahan bagi pengguna ketika melakukan perjalanan. Salah satu fitur unggulannya adalah Traffic Report, fitur ini akan memberikan informasi lalu lintas terkini di sepanjang rute perjalanan yang telah dipilih. Informasi lalu lintas yang diberikan di Anavigo dikutip dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya dan Marga Mandalasakti (MMS). Dalam fitur ini, pengguna juga dapat saling berbagi informasi lalu lintas.

Penambahan 20 unit warning light sehingga total menjadi 65 unit dan penambahan Penerangan Jalan Umum (PJU) di 50 titik antara KM 35+500 s.d KM 36+500 sehingga menjadi 1.666 unit. Kamera pantau atau CCTV juga ditambahkan 12 unit, total menjadi  37 unit CCTV yang selalu stand-by selama 24 jam untuk memonitor kondisi lalu lintas di sepanjang ruas tol Tangerang-Merak. Tentunya diharapkan dapat menambah rasa aman bagi pengguna jalan.

Layanan jalan selalu menjadi prioritas bagi MMS. Secara kualitas kondisi jalan tol Tangerang-Merak  arah Jakarta dan arah Merak sudah baik dan memenuhi Standar Pelayanan Minimal yang dipersyaratkan Pemerintah. Sebagai kesiapan MMS menghadapi lalu lintas lebaran, pada H-10 s.d H+10 jalan tol Tangerang-Merak dipastikan terbebas dari perawatan jalan.

“Sebagai upaya kami untuk memastikan kondisi jalan selalu dalam kondisi baik, selama Lebaran piket pemeliharaan jalan yang terdiri dari 2 tim patching  yang siaga 24 jam, 2 tim survey jalan yang beroperasi setiap hari dan tim khusus yang siap on call bertugas monitor kondisi jalan tol Tangerang-Merak”, ujar Sunarto.

Pengguna jalan tol pun dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah tersedia di 4 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di sepanjang ruas tol Tangerang-Merak, baik di KM 43 dan KM 68 arah Merak dan KM 45 dan KM 68 arah Jakarta. Sejak H-3 s.d H+2 tersedia Bengkel Siaga AstraWorld dan Honda di TIP KM 68 arah Jakarta serta Bengkel Siaga Nissan di TIP KM 43 arah Merak. Sejak H-7 s.d H+7 tersedia Pos Kesehatan di TIP KM 68 arah Jakarta dan arah Merak. Selain itu tersedia penjualan tiket ASDP Merak di TIP KM 43 dan KM 68 arah Merak.
Sebagai antisipasi peningkatan volume lalu lintas, MMS pun sudah siap dengan skema pengaturan lalu lintas.(MMS/Agus)

Posting Komentar

0 Komentar