UPT PJU Depok Terapkan PJU Smart Lighting System

Kampung Sawah | Depok Terkini
         
Sebanyak 40 unit lampu penerangan jalan umum (PJU) menggunakan PJU Smart Lighting System sudah terpasang di dua titik jalan utama, masing-masing 20 unit di Jalan Margonda dan 20 unit lainnya di ruas Jalan Ir Juanda. Pemasangan PJU dengan system ini sekaligus sebagai pilot project dan akan dilakukan evaluasi sebelum diterapkan untuk seluruh PJU yang terpasang di seluruh ruas jalan di Kota Depok.
         
“Dalam tahun anggaran 2016 ini, PJU Smart Lighting System ini baru diuji cobakan di dua jalan utama di Kota Depok. Jika memang nantinya efektif, maka akan diterapkan disemua PJU di Kota Depok,” kata Kepala UPT PJU Dinas Perhubungan (Dishub) Bogi Sonjaya yang ditemui Depok Terkini di ruang kerjanya, Selasa (2/8).
         
Menurut Bogi, PJU Smart Lighting System ini merupakan terobosan dalam mengatasi keterbatasan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki UPT PJU dalam melakukan pengawasan dan pemeliharaan PJU. Dengan system ini, petugas PJU yang ada di kantor UPT PJU di Kampung Sawah, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong akan dengan mudah mengetahui adanya lampu yang mati atau rusak serta gangguan terhadap aliran listriknya.
         
PJU Smart Lighting System, tambah Bogi, akan mengirimkan informasi ke perangkat computer di kantor UPT PJU, jika ada kerusakan yang terjadi jaringan PJU Smart Lighting System tersebut. Dengan informasi itu, petugas UPT PJU akan langsung menindak lanjutinya dengan melakukan perbaikan di bagian yang mengalami kerusakan tersebut. Selama ini, petugas yang melakukan pengawasan dan perbaikan belum mampu melakukan tugasnya untuk semua PJU yang ada di Kota Depok.
         
“Dengan sistem ini, pemantauan dan pengawasannya lebih maksimal. Dengan informasi yang dirimkan dari PJU Smart Lighting  System itu, maka akan diketahui lokasi dan titik PJU yang mengalami kerusakan dan mempercepat untuk perbaikan dan pemeliharannya,” ujar Bogi.(ash)

Posting Komentar

0 Komentar