119 Perguruan Tinggi Siap Berkompetisi di Gemastik 2016

Beji, Depok Terkini

Universitas Indonesia (UI) menjadi tuan rumah pelaksanaan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) IX/2016. Sebanyak 119 tim dari 37 Perguruan Tinggi se-Indonesia akan bertanding menciptakan karya dan produk inovatif di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada 10 kategori lomba.

Pembukaan GEMASTIK IX/2016 dilakukan pada Kamis (27/10) di Balairung Kampus UI oleh Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met dan Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Dr. Didin Wahidin,
M.Pd beserta para perwakilan pimpinan perguruan tinggi se-Indonesia dan pihak swasta seperti Telkom Indonesia ; Microsoft ;  Bukalapak ; VITech Advisor dan BNI.

Sepuluh kategori lomba bidang TIK dikompetisikan adalah Pemrograman ; Pengembangan aplikasi permainan ; Pengembangan perangkat lunak ; Data mining ;  Keamanan jaringan dan sistem informasi ; Animasi ; Piranti cerdas & embedded system ; Desain User Experience (UX) ; Pengembangan bisnis TIK ; E-Government.

Prof. Muhammad Anis menuturkan, “UI sangat mendukung kegiatan GEMASTIK ini karena seturut dengan upaya UI di dalam meningkatkan penguasaan teknologi dan peningkatan hasil karya inovasi mahasiswa. Kegiatan GEMASTIK juga sejalan dengan upaya strategis pemerintah di dalam meningkatkan perkembangan teknologi sebagai prasyarat meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.” Prof Anis menambahkan, berbangga hatilah para peserta GEMASTIK karena kalian telah ambil bagian di dalam upaya meningkatkan kemampuan bangsa dalam penguasaan TIK." Manfaatkanlah sebesar-besarnya peluang di GEMASTIK ini untuk mengembangkan potensi diri sebagai agen perubahan melalui pengembangan Iptek di masa kini dan masa yang akan datang.”ujar Anis.

Dalam sembilan tahun terakhir, Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) secara berkesinambungan dilaksanakan. Kegiatan ini merupakan program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan
Pendidikan Tinggi, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.

Salah satu kategori lomba yang menarik adalah Desain User experience atau disingkat UX. Pada ajang ini, para finalis diminta untuk menciptakan produk TIK yang berorientasi pada kenyamanan dan kemudahan pengguna. Seperti finalis dari UGM akan mempresentasikan hasil karyanya berjudul “Cari Donor.” Demikian pula para mahasiswa UI finalis lomba Desain UX akan mempresentasikan “Sayur in Go!” dan “Transmeet Smart Bus Shelter”.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar