Pemkot Wacanakan Beri Dana Hibah Buat Karang Taruna

Bojongsari | Depok Terkini

Pemerintah kota Depok mulai menganggarkan dana hibah untuk kegiatan Karang Taruna di setiap
kelurahan. Bahkan DPRD Depok telah mewacanakan nggaran hibah untuk Karang Taruna sebesar Rp.200 juta.

"Nilai segitu masih kurang, minimal satu kelurahan Rp.5 juta, kalau 63 kelurahan jadi Rp.215 juta,"ujar Walikota Depok Mohammad Idris usai membuka Temu Karya II Karang Tarung Kecamatan Bojongsari, di aula kantor Kecamatan Bojongsari, Depok, Sabtu (8/10).

Hadir dalam acara tersebut, Camat Bojongsari Usman Haliyana, Danramil Sawangan Kapten Inf Ibrahim, Perwakilan Polsek Sawangan, anggota DPRD Depok Mad Arif, Ketua KNPI, dan Ketua PKK kecamatan Bojongsari.

Lebih lanjut Idris mengatakan, saat ini dana hibah tersebut masih dikalkulasikan karena terkait dengan dana perimbangan yang belum jelas."Kalau belum jelas, lebih baik berpatokan pada dana perimbangan tahun 2015. Estimasinya perkelurahan Rp. 5juta, meskipun sebenarnya tidak adil karena ada wilayah kelurahan yang besar dan kecil,"jelas Idris.

Menurutnya, pemberian dana hibah tidak hanya untuk Karang Taruna saja, tetapi banyak lembaga
vertikal seperti Polri dan TNI diberikan dana hibah yang harus dialokasikan.

"Kalau hibah diberikan
tidak pertahun, tergantung keaktifan dari karang taruna yang bisa menunjukkan eksistensinya dalam
berbagai kegiatan sesuai dengan AD ART. Kita tidak akan segan-segan  mengalokasikan dana hibah
melalui anggaran Dinas sosial. Bisa dialokasikan di 2017 sehingga tahun 2018 bisa dialokasikan
pada anggaran belanja langsung dinas,"tutur walikota.

Selain itu, lanjut idris, dana hibah juga sangat dibutuhkan karang taruna tingkat kecamatan dan Kota, dalam menjalankan fungsi koordinatif, konsultatif dan koloboratif."Dana hibah fungsi itu harus ada. Dananya tidak harus besar tergantung bentuk kegiatannya,"ungkap Walikota

Ketua Karang Taruna Kota Depok, Amsori mengatakan bahwa karang taruna merupakan bagian tidak terpisahkan di kelurahan. Karena itu, karang taruna harus bisa berkembang dimasyarakat.

"melalui temu karya ini, karang taruna harus lebih baik lagi. Pemkot telah menganggarkan dana hibah buat karang taruna. Mari tingkatkan prestasi dan kerja nyata dalam rangka mewujudkan visi kota Depok yang unggul, nyaman dan religius,"tandas Amsori.(

Posting Komentar

0 Komentar