UI Juara Umum Ajang Gemastik 2016

Beji, Depok Terkini

Universitas Indonesia (UI) keluar sebagai Juara Umum Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) 2016. Tim mahasiswa UI meraih predikat Juara Satu pada 5 kategori lomba yang di ikuti 119 tim dari 37 Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Para juara mendapatkan hadiah berupa piagam dan uang pembinaan senilai Rp 11 juta juara I,
Rp 8 juta juara II, dan Rp 5 juta juara III. Pemenang juga berkesempatan memperoleh WildCard Ticket ke Semi Final Microsoft Imagine Cup Indonesia (www.imaginecup.com) bagi para pemenang kategori lomba Pengembangan Aplikasi Permainan, Pengembangan Perangkat Lunak, Piranti Cerdas dan embedded system, Pengembangan Bisnis TIK dan e-Government. Sedangkan juara umum berhak membawa pulang Piala Bergilir “Samakbya Padhesa Widya” yang artinya “Informasi yang benar untuk ilmu pengetahuan.”

Ketua Panitia GEMASTIK IX/2016 Dr. Yugo Kartono Isal menyampaikan selamat kepada Juara Umum dan para pemenang maupun para finalis. “Kami sangat bangga melihat antusiasme para mahasiswa se-Indonesia di dalam mengikuti Gemastik ini. Terbukti dari tahun ke tahun, semakin diminati tercatat 2.307 tim yang berasal dari 113 Perguruan Tinggi se-Indonesia telah mendaftarkan pada 10 kategori lomba Diharapkan, para mahasiswa tidak hanya puas pada pencapaian hari ini melainkan terus berkarya dan menyalurkan semangat inovasinya di dalam pengembangan TIK untuk kemajuan SDM bangsa Indonesia.” harap Yugo saat Pengumuman dan Penutupan Gemastik IX/2016 bertemakan “Enabling Smart Society through ICT” di Sabha Widya UI kampus Depok, Sabtu (29/10).

Dekan Fakultas Ilmu Komputer UI Mirna Adriani, Ph.D menuturkan, Selaku co-host pelaksanaan Gemastik2016, Fakultas Ilmu Komputer UI sangat mendukung ajang lomba TIK Nasional seperti ini karena mampu mendorong kemajuan pendidikan teknologi informasi di Indonesia. Selain itu,
penyelenggaraan Gemastik sangat dibutuhkan di era digital sekarang ini, dimana para mahasiswa yang merupakan tulang punggung pertumbuhan inovasi TIK Indonesia membutuhkan wadah untuk memacu ide dan kreativitasnya pada penguasaan ilmu TIK.

Lebih lanjut, Mirna berpesan kepada para mahasiswa untuk tidak putus berkarya sampai sini saja melainkan terus kembangkan potensi diri agar dapat menjadi SDM handal dan tanggung di bidang
Teknologi Informasi guna meningkatkan daya saing bangsa.

Gemastik merupakan rangkaian perlombaan, pameran dan seminar di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah berkesinambungan setiap tahunnya. Kegiatan ini merupakan program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar