Pasar Tani Tunjukkan Depok Miliki Potensi Pertanian

Balaikota, Depok Terkini

Dalam upaya memfasilitasi para petani mengenalkan dan memasarkan hasil pertanian lokal di Kota Depok. Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan mengadakan Pasar Tani di halaman Balaikota Depok, Jum,at (12/1/2017)

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan, Nunu Heriyana menjelaskan bahwa pasar tani direncakan rutin di laksanakan setiap bulannya pada minggu kedua. Pasar tani diikuti oleh para petani budi daya dan olahan hasil pertanian, peternakan, dan perikanan se-Kota Depok.

"Para petani itu tergabung dalam Kelompok Tani Andalan (KTNA) Kota Depok maupun KTNA kecamatan. Kita juga libatkan Kementerian Pertanian DPP Sawangan dan Ratujaya, UPTG Balai Benih Ikan, Serikat Tani, Pemuda Tani, Parade, serta pusat kesehatan hewan,"tutur Nunu.

Adapun tujuan pasar tani, kata Nunu, mengajak dan mengingatkan bahwa KOta Depok masih memiliki potensi sumber daya pertanian, peternakan maupun perencanaan yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan, kecerdasan, dan pendapatan  masyarakat.

Kita ajak dan dorong minta petani untuk terus berkreasi dalam mengembangkan pertanian, peternakan dan perikanan di Kota Depok. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai implementasi dari misi Kota Depok yaitu mengembangkan ekonomi yang mandiri dan berkeadilan demi meningkatkan aktifitas ekonomi berbasis lpotensi okal.. Pasar Tani juga untuk mendukung salah satu program sahabat Depok yaitu sahabat petani,"jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna memberikan apresiasi kepada Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan atas terselenggaranya pasar tani."Saya berharap kegaitan ini dapat
membantu petani dan masyarakat Depok dalam memasarkan produk pertanian serta meningkatkan rasa bangga dan cinta terhadap produk pangan lokal Kota Depok,"ujar Pradi.

Karena itu, kata Pradi, Pemkot Depok tetap berkomitmen dan mendorong petani untuk menanam
hortikultura seperti ubi, singkong serta usaha tani lainnya."Terima kasih untuk petani Depok yang
tetap konsisten dengan aktifitasnya walaupun banyak tantangan yang dihadapi terutama di daerah
perkotaan ini. Saat ini sudah semakin sulit lahan pertanian,"tandas Pradi.

Pradi berharap dukungan semua pihak dalam berbagai program demi kepentingan dan kemaslahatan
masayrakat salah satunya program Depok sahabat petani."Mari jadikan momentum ini sebagai ajang
silaturahmi serta langkah awal kegiatan Pasar Tani di lingkungan Pemkot Depok diawal tahun 2017
ini. Sehingga masyarakat Depok dapat mendapatkan produk lokal yang sehat, segar dan
murah,"pungkas Pradi.(ndi)


Posting Komentar

0 Komentar