Ini Dia Ciri Khas Golok Depok

Pancoran Mas, Depok Terkini

Dalam upaya melestarikan budaya lokal Depok, Persaudaraan golok Depok (Pesantren Persaudaraan Besi Tempa Diri Asah Hati) meluncurkan "Golok Depok" di Jalan Al Hukama RT03, RW04, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Minggu (19/03/2017).

Menurut Ketua Persaudaraan golok Depok, Ahmad Husain. Diluncurkannya golok Depok didasari atas kesadaran para komunitas golok untuk melestarikan budaya lokal."Terdapat dua komunitas golok terdiri dari 14 ribu member berasal dari Bekasi, Tangerang, dan Banten. Kita ingin mengenalkan golok Depok agar masyarakat paham ciri khas golok Depok,"ujarnya.

Adapun ciri khas golok Depok, katanya, memiliki postur besar dengan ukuran panjang lebih dari 31 centimeter, dan lebar tiga centimeter.

Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan dalam budaya betawi dikenal ada dua jenis golok yaitu golok kerja dan simpanan. Filosofi keberadaan golok adalah untuk menjaga keselamatan diri, dan bukan untuk mencelakai seseorang.

"Dalam budaya seorang Betawi harus siap siaga membela diri, dan menjaga daerahnya agar aman dan nyaman. Jadi pada zaman dahulu yang namanya golok itu sudah biasa dibawa kemana-mana. Beda dengan zaman sekarang,"katanya.

Karena itu, Walikota berterima kasih atas gagasan dan inovasi memunculkan kembali budaya golok sebagai sebuah simbol pembelaan diri dalam rangka mewujudkan rasa aman dan nyaman." Atas nama pribadi dan pemerintah Kota Depok ingin sekali budaya seperti ini bisa digali kembali dan dipertahankan. Karena sudah banyak terlupakan dan dilupakan,"ungkap Idris.

Untuk itu, Idris berjanji dalam waktu dekat, Kota Depok akan menyediakan fasilitas untuk masyarakat dalam upaya mempopulerkan budaya Depok dengan berbagai bentuk dan jenisnya." Kami mohon dukungan dari masyarakat, termasuk dari bang Nurodji sebagai anggota DPR RI untuk bisa mengsupport program ini agar budaya kita bisa kita jual sebagai bagian dari wisata yang sudah mendapat dukungan dari kementerian,"jelasnya.

Sementara itu, Anggota DPR RI dari fraksi Gerindra Nurodji mengaku senang dan bangga dengan dilaunchingnya golok Depok."Saya sangat support dan ini merupakan warisan budaya seperti keris yang sudah diakui oleh Unesco. Mudah-mudahan golok Depok juga bisa diakui. Saya juga punya koleksi golok,"ujar Nurodji.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar