Pemkot Dorong IMJ Sosialisasikan Supercard ke Pengusaha

Pancoran Mas, Depok Terkini

Para pengamen jalanan yang tergabung di Institut Musik Jalanan (IMJ) Kota Depok mendapat fasilitas berupa supercard yaitu kartu khusus bagi pengamen dari Pemerintah Kota Depok. Selain itu, keberadaan Institut Musik Jalanan (IMJ) dinilai sangat membantu dalam membina para pengamen jalanan dalam mengembangkan bakat seni.

Hal tersebut disampaikan Walikota Depok Mohammad Idris dalam acara talkshow Selamat Pagi Indonesia di Metro TV yang berlangsung di Markas IMJ, Jalan Arif Rahman Hakim, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Sabtu (18/03).

"Pemerintah Kota Depok memfasilitasi para pengamen binaan IMJ dengan menerbitkan kartu
Supercard yaitu kartu khusus yang diberikan kepada pengamen untuk mengamen di hotel, restoran dan kafe di kota Depok. Jadi sekarang tidak ada lagi pengamen yang ngamen di Jalan Margonda. Meskipun sering dilakukan penertiban oleh Satpol PP dan masih terjaring beberapa pengamen, maka pengamen yang terjaring kita titipkan di IMJ,"jelas Walikota.

Namun demikian, sosialisasi supercard ini harus terus dilakukan khususnya untuk kalangan pengusaha di kota Depok."Kami akan dampingi IMJ untuk sosialisasi supercard kepada pengusaha di Depok. kami juga khawatir ketika supercard sudah tersosialisasikan, para pengamen dari luar Depok bakal lari ke Depok untuk ke IMJ. Karena itu saya berharap Kementerian terkait bisa mensosialisasikan program ini juga,"tandas Idris.

Penggagas IMJ, Andi mengakui bahwa fasilitas supercard yang diberikan Pemkot sangat membantu para pengamen dalam berkreasi sekaligus untuk mencari nafkah mereka. Supercard hanya diberikan kepada pengamen yang sudah mendapat pembinaan. Adapun klasifikasi supercard, yaitu kartu A khusus mengamen di hotel dan restoran, kartu B di kafe,  dan kartu C mengamen di wilayah dalam tidak di perkotaan."Sudah 30 kartu yang kami keluarkan untuk pengamen. Sejak adanya supercard jumlah pengamen di Jalan Margonda sudah berkurang,"terangnya.

Gilang, salah satu pengamen yang telah memiliki supercard mengatakan perhatian pemkot
memfasilitasi pengamen dengan kartu supercard sangat membantu dalam mengembangkan bakat
seninya."Dengan supercard ini, Kita mengamen di tempat yang layak seperti hotel dan restoran serta
mall,"pungkas Gilang.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar