Profesi Perawat Sangat Penting Dalam Kesehatan

Balaikota, Depok Terkini

Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna menegaskan bahwa profesi perawat saat ini memiliki peranan sangat penting dalam dunia kesehatan. Keberadaan organisasi profesi perawat diharapkan dapat mempercepat penurunan angka kematian bayi, balita dan ibu, serta dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit menular.

"Dulu profesi perawat hanya dianggap sebagai hal yang tidak penting dalam dunia kesehatan. Namun saat ini setelah menjadi profesi, keberadaan organisasi profesi perawat menjadi sangat bermanfaat dan penting,"tegas Pradi saat menghadiri pelantikan pengurus DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Depok serta seminar perawat, di lantai 10, Gedung Dibaleka, Pemkot Depok, Sabtu (25/2/2017).

Menurut Wakil Walikota, Pembangunan kesehatan merupakan bagian terpadu dari pembangunan nasional yang bertujuan mewujudkan bangsa yang maju, mandiri, sejahtera lahir dan bathin. Salah satunya bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki derajat kesehatan yang tinggi, dengan mutu kehidupan yang tinggi pula, serta mempunyai sikap kejiwaan yang menopang dan mendorong kreatifitas. Oleh karena itu, pembangunan manusia seutuhnya harus tercapai aspek jasmani dan kejiwaan disamping aspek spiritual dan sosial termasuk kepribadian dan perjuangan yang ditujukan mewujudkan manusia sehat cerdas serta mempunyai daya juang yang tinggi.

Pembangunan manusia dimulai dari kandungan bahkan sebelumnya dengan memperhatikan tingkat kesehjateraan kaum ibu, bayi, balita mulai usia sekolah, remaja, pemuda, usia produktif sampai usia lanjut. Tiap tahap kehidupan tersebut pembangunan kesehatan memegang peranan amat penting dalam berbagai permasalahan yang dihadapi.

Derajat kesehatan yang tinggi akan meningkatkan produktifitas bangsa. Peningkatan kreatifitas akan
mempertajam peningkatan daya saing dan daya juang yang sangat diperlukan dalam memasuki abad 21 yang diikuti persaingan bangsa yang semakin ketat.

Untuk diketahui bahwa pembangunan kesehatan di kota Depok diharapkan menjadi paradigma sehat yaitu cara pandang melihat kebutuhan kesehatan yang bersifat promotif dan preventif, bukan kuratif dan rehabilitatif tetapi selain itu masalah kesehatan dipengaruhi oleh berbagai faktor sehingga dalam
setiap upaya pemecahannya diperlukan kerjasama dari semua pihak. Pemerintah merasa perlu adanya kontribusi dari organisasi profesi khususnya PPNI untuk mewujudkan program unggulan Pemkot Depok yaitu kota yang sehat (smart healty city).

"Melalui PPNI ini diharapkan ada langkah langkah yang cerdas, inovatif dan konstruktif terkait berbagai kegiatan kedepan,"tandas Pradi.(dms)

Posting Komentar

0 Komentar