Penyuluhan TMMD Ajak Warga Memilah Sampah

Limo, Depok Terkini

Dalam upaya mengatasi permasalahan sampah dan kebersihan di Kota Depok, tim TMMD bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok menggelar penyuluhan tentang lingkungan Hidup serta Pencegahan Terorisme dan Radikalisme di aula Kantor Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Depok, Selasa (10/04/2017).

Penyuluhan yang dihadiri Lurah Grogol H. Mansyur, LPM, kader PKK, dan pengurus RT, RW se-kelurahan Grogol, Babinsa, dan Babinkamtibmas, melibatkan Kabid Kebersihan DLHK Kota Depok, H. Kusumo, dan Pendam Jaya Kapten Arh Made Rumbiawan.

Kusomo dalam penyuluhan tersebut memaparkan materi tentang pemilahan sampah dan penghijauan. Selain itu pihaknya terus mengefektifkan keberadaan bank sampah di lingkungan masyarakat. Keberadaan bank sampah sangat membantu mengurangi buangan sampah yang ditimbulkan masyarakat hingag mencapai angka 20%. Sementara sampah organik ditampung di UPS untuk diolah menjadi pupuk dan pakan ternak, sedangkan yang dibuang ke TPA di Cipayung hanya sampah residu yang tidak dapat didaur ulang.

“Hingga saat ini tercatat, timbulan sampah dari masyarakat mencapai 120 ton/hari dengan asumsi setiap orang menimbulkan 0,6 kg sampah,” tandas Kusumo.

Nurhayati warga RT02/07, Kelurahan Grogol mengakui penyuluhan terkait pemilahan sampah sangat bermanfaat, karena itu, dirinya berencana membuat bank sampah di lingkungannya.

"Kita jadi memahami kalau memilah sampah itu sangat penting demi kesehatan lingkungan."Di lingkungan saya sampah masih dibakar, ditambah lagi banyak orang yang melintas ikut membuang sampah dijalan. Karena itu saya ingin mendirikan bank sampah supaya sehat dan bisa menambah penghasilan,"tandasnya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar