Wapres Jusuf Kalla Resmikan Pusat Riset IMERI FKUI

Jakarta, Depok Terkini

Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla meresmikan Gedung IMERI FKUI (Indonesian Medical Education and Research Institute Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia). Hadir dalam peresmian tersebut Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir, President IsDB (Islamic Develepoment Bank) Dr.Bandar M.H Hajjar, Rektor UI Prof.Dr.Ir.Muhammad Anis,M.Met dan Dekan FKUI Dr.dr. Ratna Sitompul.

Jusuf Kalla dalam sambutannya menyampaikan, "Didirikannya IMERI FKUI ini dapat meningkatkan kombinasi antara dunia riset dan kedokteran. Dokter diharapkan tidak hanya melakukan pelayanan terhadap pasien saja, melainkan semakin giat menjalankan penelitian untuk meningkatkan kualitas kesehatan bangsa. Pusat riset sangat esensi di dalam meningkatkan layanan kesehatan." Dengan adanya riset yang kuat maka kita akan mampu mengekspor obat ke negara lain sekaligus menjadi tuan rumah dalam produksi obat dalam negeri,” harap Wapres.

Sementara itu, Muhammad Anis menuturkan, UI berkomitmen untuk mengembangkan riset dan inovasi bangsa salah satunya riset di bidang kesehatan. Konsep pembangunan IMERI-FKUI sangat sesuai dengan semangat UI serta seturut dengan salah satu semangat Nawacita yaitu meningkatkan ketahanan dan kemandirian bangsa Indonesia di bidang kesehatan."IMERI FKUI ini juga diharapkan mampu membawa UI menjadi universitas berbasis riset terbaik di Asia Tenggara,"ujarnya di Kampus Salemba.

Gedung IMERI FKUI merupakan pusat wahana unggul yang diperuntukkan bagi akademisi dan peneliti baik dari sivitas akademika UI maupun instansi luar. Di dalam IMERI FKUI akan dikembangkan kolaborasi trans-disiplin riset dan pendidikan kedokteran Indonesia yang diarahkan untuk menjawab tantangan bangsa di bidang kesehatan dan kedokteran. Gedung IMERI FKUI yang dibangun sejak Desember 2014 ini terdiri atas dua tower yaitu Tower A - Research dan Tower B - Education. Di dalam dua tower tersebut terdapat 12 klaster riset, 2 klaster pendidikan, 3 klaster penunjang riset serta 3 fasilitas pendukung pendidikan.

Beberapa klaster unggulan IMERI-FKUI antara lain adalah klaster riset infeksi, klaster riset kanker, klaster riset kardiovaskular, klaster riset reproduksi, klaster riset human genetic, klaster riset stem cell, klaster riset drug development, klaster riset pendidikan kedokteran dan klaster riset pengembangan pendidikan berbasis simulasi.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar