Warga Limo Dapat Tambahan Ilmu Pencegahan Kematian Ibu Hamil

Limo, Depok Terkini

Ratusan warga kelurahan Limo antusias mengikuti penyuluhan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dalam kegiatan non fisik Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di aula kantor Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, Kota Depok, Kamis (6/04/2017).

Penyuluhan yang menghadirkan nara sumber Dhora Yufita dari Dinas Kesehatan Kota Depok membahas tentang pentingnya menjaga kesehatan ibu dan anak sehingga terhindar dari penyakit sejak dini dan bisa dilakukan pencegahan secara promotif dan preventif.

"Kesehatan ibu hamil bukan hanya menjadi perhatian ibu hamil saja, tetapi menjadi perhatian suami, keluarga dan masyarakat,"ujar Dhora.

Menurutnya, kematian ibu hamil memiliki resiko tinggi dan keterlambatan dalam penanganannya. Kematian bisa dicegah melalui peran utama suami dalam mengatahui perkembangan kondisi ibu hamil sehingga paham kketika istri berisiko tinggi bisa dicegah.

"Kasus kematian ibu biasanya 4 T, yaitu hamil usia terlalu muda, terlalu tua, anaknya terlalu banyak dan jarak terlalu dekat, sedangkan resiko tinggi ibu hamil adanya riwayat cesar,"ungkapnya.

Rimat Ketua RT01 RW04 Kelurahan Limo mengaku mendapat tambahan ilmu setelah mengikuti penyuluhan Kesehatan Ibu dan Anak dalam program TMMD.

"Saya jadi mengerti apa penyebab atau masalah kematian ibu hamil dan bayi. Hasil penyuluhan ini akan saya sosialisasikan ke warga saya, ini sangat penting,"pungkasnya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar