Gugus 1 dan 2 Sukmajaya Kerahkan 146 Guru Pengawas US 2017

Abdurrahman menyampaikan pengarahan kepada guru pengawas US 
Sukmajaya, Depok Terkini
     
Pada Ujian Sekolah (US) tahun 2016-2017 yang akan dilaksanakan pada 15-20 Mei mendatang, Gugus 1 dan 2 di wilayah kerja UPT Pendidikan TK/SD Kecamatan Sukmajaya mengerahkan 146 guru dan kepala sekolah sebagai petugas pengawas ruang US, yang dilaksanakan secara silang di dalam kedua gugus tersebut.
     
“Ratusan guru yang akan bertugas di US itu merupakan hasil seleksi dan dinilai memiliki kredibilitas untuk menjadi mengawas US,” kata Ketua Gugus 2 Bima Sakti Kristianti seusai mengikuti pengarahan US yang disampaikan pengawas TK/SD UPT Pendidikan Kecamatan Sukmajaya di sekolahnya, Rabu (10/5).
     
Dalam tugasnya, kata Kepala SD Negeri Mekarjaya 30 ini yang didampingi Ketua Gugus 1 yang juga Kepala SD Negeri Sukmajaya 5 R Eti Susanti, setiap pengawas harus dapat menciptakan suasana ruang US yang nyman dan aman bagi pesertanya. Di mana para pengawas itu harus murah senyum dan melayani setiap kebutuhan peserta US, namun tidak dibenarkan membantu atau melayani memberikan jawaban atas pertanyaan dalam lebar soal US.
     
Pada kesempatan itu, Kristianti juga mengimbau kepada para orang tua siswa kelas VI yang akan mengikuti US, untuk memberikan suasana nyaman kepada anak-anaknya. Selama mengikuti US, melarang anak-anaknya untuk menggunakan alat komunikasi seperti HP dan membatasi menonton televisi dan bermain. Tetapi, terus membimbing anaknya untuk belajar.
     
“Peran orang tua di rumah sangat menentukan kesiapan dan keberhasilan anak-anaknya dalam mengikuti US. Para orang tua juga harus menyiapkan mental anak-anaknya agar tetap teguh dan penuh semangat mengikuti US tahun ini,” kata Bu Tian sapaan akrab Kristianti.
     
Khusus untuk SD Negeri Mekarjaya 30 yang dipimpinnya, kata Bu Tian, sebanyak 110 siswa kelas VI sudah siap mengikuti US pada 15-20 Mei 2017. Pada try out (TO) yang dilaksanakan beberapa waktu lalu sekolah tersebut meraih prestasi cukup membanggakan.
     
“Diharapkan prestasi yang diraih saat TO dapat diraih pula pada US nanti. Bahkan diharapkan, hasil US tahun ini bisa masuk dalam ranking tiga besar di Kecamatan Sukmajaya maupun di tingkat Kota Depok. Untuk mencapai harapan tersebut, maka pada hari Jumat (12/5 akan dilaksanakan doa bersama di halaman sekolah ini,” pungkas Bu Tian.
     
Terpisah, Kepala UPT Pendidikan TK/SD Kecamatan Cilodong Ai Yulianingsih mengatakan, di wlayah kerjanya terdapat 2002 siswa kelas VI yang akan mengikuti US tahun ini. Mereka akan mengikuti US tersebar di 116 ruangan yang ada di 29 sekolah dasar (SD) negeri dan swasta.
     
“Tahun ini sebenarnya ada 2003 siswa yang mengikuti US, tetapi berkurang satu menjadi 2002. Pasalnya satu siswa di SD Negeri Sukamaju 10 meninggal dunia karena sakit,” kata Ayi Yulianingsih yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/5).(ash)

Posting Komentar

0 Komentar