Uji Coba SSA, Arus Lalin Jalan Nusantara Lancar

Arus Lalin Jalan Nusantara Lancar
Pancoran Mas, Depok Terkini

Pelaksanaan uji coba Sistem Satu Arah (SSA) yang diterapkan di jalan Nusantara, Kelurahan Depok Jaya berjalan dengan baik dan kondusif. Meskipun banyak pengendara yang belum mengetahui diberlakukannya SSA, namun arus lalu lintas di jalan Nusantara mulai dari pertigaan Jalan Melati hingga Simpang enam Pitara lancar dan tidak ada penumpukkan kendaraan.

Dari hasil pantauan, terlihat puluhan petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok dibantu jajaran Unitlantas Polsek Pancoran Mas berupaya mengarahkan para pengendara di setiap pertigaan Jalan Nusantara, seperti Jalan Mangga, Nangka, Irian Jaya dan Mawar Raya. Demikian pula kendaraan dari Jalan Sawangan diarahkan lurus ke Jalan Dewi Sartika.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota  Depok, Akhmad Zaini menjelaskan, dua ruas jalan yang diberlakukan SSA adalah Jalan Dewi Sartika satu arah ke arat timur dan Jalan Nusantara Raya satu arah ke selatan. Sementara untuk arus lalu lintas di Jalan Nusantara dan Jalan Dewi Sartika terpantau lancar dan kondusif di hari pertama penerapan SSA.

“Pemberlakuan SSA ini tidak terlalu banyak kendala. Arus lalu lintas terpantau lancar, walaupun masih ada beberapa kendaraan roda dua yang masih memaksakan masuk melalui Jalan Nusantara. Memang masih perlu sosialisasi dan penyesuaian dari pengemudi kendaraan baik roda dua maupun roda empat,” tuturnya, Sabtu  (29/07/2017).

Zaini menambahkan, uji coba Sistem Satu Arah (SSA) tersebut akan diberlakukan selama 1 sampai 2 minggu ke depan. Pihaknya juga menurunkan 200 personel untuk membantu mengatur lalu lintas di ruas-ruas jalan yang diberlakukan SSA.

“Memang masih butuh penyesuaian dari masyarakat, karena masih ada beberapa masyarakat yang belum tahu. Nanti setiap harinya kita akan melakukan evaluasi terus terkait kinerja jaringan jalan seperti kecepatan kendaraan, waktu tempuh, posisi antrean hingga sarana perlengkapan jalan,” ujarnya.

Rikaldi salah satu warga kelurahan Depok jaya mengatakan, akibat penerapan SSA, Jalan Mawar Raya jadi ramai dilintasi kendaraan karena merupakan jalan alternatif menuju jalan Melati Raya."kendaraan menumpuk di jalan Mawar Raya hingga membuat kemacetan," ujarnya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar