Kodim 0508/Depok Persembahkan Drama Kolosal "Tole Iskandar"

Penampilan drama kolosal Kodim Depok 
Balaikota, Depok Terkini

Upacara Peringatan HUT RI ke-72 Tingkat Kota Depok yang diselenggarakan di lapangan Balaikota Depok, Kamis (17/08/2017) di warnai dengan persembahan drama kolosal dari Kodim 0508/Depok.

 Drama kolosal yang menceritakan tentang sejarah pahlwan "Tole Iskandar"  melibatkan sebanyak 55 personil gabungan terdiri anggota Kodim Depok, PNS, komunitas Lumbuk Depok, anggota DHC 45, dan para pelajar.

Menurut Koordinator Drama Kolosal Kodim 0508/Depok, Serka Jemina. Tole Iskandar merupakan seorang tokoh pemuda asal Depok yang menjadi penggerak dalam melawan penjajahan Belanda di wilayah Depok.

"Cerita Tole Iskandar ini kita angkat agar masyarakat mengetahui bahwa ada tokoh pemuda yang menjadi pahlawan dan namanya diabadikan di salah satu jalan protokol di Kota Depok," terang Djemina.

Dijelaskannya, Tole Iskandar lahir di Depok pada tahun 1922 dari pasangan Samidi dan Roro Sukati. ."Orang tuanya asal Jawa tapi lama di Depok. Tole Iskandar berjuang sejak tahun 1945 mengusir Belanda dan Inggris yang ada di Jalan Kartini, Depok. Selanjutnya berjuang di Sukabumi dan wafat tahun 1947 dan dimakamkan di Sredet Bogor,"ungkap Jemina didampingi Titi, Penulis naskah drama.

Titi yang juga anggota Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan 45 berharap Pemkot Depok jangan meninggalkan sejarah apa yang telah diperjuangkan oleh Tole Iskandar."Perjuangannya harus dihargai, jangan hanya tau Tole Iskandar itu hanya nama salah satu jalan di Kota Depok. Kita harus tau siapa itu Tole Iskandar,"tegasnya.

Drama kolosal berdurasi sekira 20 menit tersebut disaksikan langsung Walikota Depok Mohammad Idris, Wakil Walikota Pradi Supriatna, jajaran Muspika, para kepala OPD dan seluruh peserta upacara HUT RI ke-72.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar