2270 Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta Diwisuda

Beji, Depok Terkini

Politeknik Negeri Jakarta mewisuda sebanyak 2270 mahasiswa tahun akademik 2016/2017 di Balairung Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Sabtu (21/10).

Wisuda yang ke-33 kali ini dihadiri Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja ‎RI  ‎Maruli Apul Hasoloan, walikota Pekalongan, dan Ketua DPRD Demak.

Menurut Direktur PNJ, H Abdillah. para wisudawan tersebut sudah termasuk program pendidikan kerjasama dengan PT Badak, Holcim, Trakindo, Jasa Marga, CCIT UI, Akademi Komunitas Pekalongan, dan Akademi Komunitas Demak."Wisudawan dengan predikat cum laude sebanyak 614 orang,"jelas Abdillah.

Ia mengungkapkan pihaknya juga telah melakukan uji kompetensi pada 1600 lulusan. Bahkan, dilakukan juga kerjasama dengan perusahaan dan BUMN dalam uji kompetensi maupun praktek secara langsung. Sehingga, tidak sedikit dari para lulusannya langsung direkrut.

"Kali ini sebanyak 2270 lulusan PNJ siap memasuki dunia industri yang tersebar diseluruh Indonesia. Kita sudah merintis dengan menyiapkan para lulusan untuk kompeten di bidang masing-masing. Sehingga, bisa memenuhi kebutuhan pasar dalam sektor tenaga kerja yang dibutuhkan industri global,"jelasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja ‎RI  ‎Maruli Apul Hasoloan mengatakan, yang diperlukan dalam dunia kerja saat ini adalah kompetensi. Dalam Perguruan Tinggi juga dituntut meningkatkan kompetensi dengan bahan pengajaran pelatihan 60 persen praktek dan selebihnya teori.

"Dunia kerja perlu cepat, tidak mau menunggu lama.  PNJ  sangat baik dalam mendukung upaya mengisi  tenaga kerja. Hal serupa, dengan  respon yang baik Kepala Daerah seperti di Walikota Pekalongan yang konsen pada tenaga kerjanya  lebih produktif dan kompeten. Kita apresiasi pada PNJ dan Walikota Pekalongan yang konsen pada upaya peningkatan mutu tenaga kerja," ungkapnya.

Walikota Pekalongan H. M. Saelany Machfudz mengungkapkan bahwa dalam menekan angka pengangguran di Pekalongan saat ini telah ada Akademi Komunitas Negeri yang merupakan dibawah bimbingan PNJ. Pihaknya memadukan dengan kekayaan lokal dan Prodi  disesuaikan seperti disain batik. 

Dirinya berharap  perusahaan bisa memberikan tenaga kerjanya secara mendalam untuk aktif pada AKN dalam upaya mendorong kearifan lokal. "Kita inginkan kedepan lebih mandiri. Dalam serapan tenagan kerja melalui AKN yang  masih baru tergantung mahasiswa, paling tidak 15 persen dan mereka ada yang masih bekerja. Kita juga undang perangkat Desa untuk mengirimkan perwakilan tiga orang warganya untuk belajar di AKN," tandasnya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar