Kawasan Pembinaan Narapidana di Ciangir

Kabupaten Tangerang, Depok Terkini
           
Menteri Hukum dan HAM , Yasonna H Lauly meletakkan batu pertama pembangunan komplek permukiman permasyarakatan di Ciangir, Kabupaten Tangerang, Rabu  (11/10). Kawasan ini dilengkapi  area gedung bangunan open camp , area umum terbuka dan area industri bagi narapidana yang berisiko rendah atau tahap pembinaan.
           
Menteri Hukum dan HAM mengatakan bahwa pembangunan permukiman pemasyarakatan  Ciangir  nantinya dijadikan sebagai pemidanaan modern. Mereformasi para pelanggar hukum lebih efektif dari pada hanya sekedar menjauhkan para pelanggar hukum dengan cara mencabut kemerdekaan mereka.

"Open Camp Pemasyarakatan Indonesia memberikan sebuah makna bahwa negara turut hadir melindungi masyarakat dengan mereduksi unsur-unsur kejahatan melalui pembangunan kapasitas pribadi para pelanggar hukum menjadi pribadi yang lebih baik," ungkapnya.

Plt Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Ma'mun  mengatakan, Open Camp Ciangir, bagian dari rumah harapan pemasyarakatan modern berbasis industri, kreativitas dan kemandirian. Disini, warga binaan disiapkan kembali menjalani kehidupan bermasyarakat dengan lebih baik, memiliki kemampuan dan keterampilan secara ekonomi untuk hidup mandiri.

Mengusung konsep Pembinaan Kemandirian berbasis industri, di Ciangir warga binaan akan dibimbing menjadi SDM potensial sebagai bagian dari pelaku pembangunan nasional.

Open Camp ini juga diproyeksikan menjadi pusat industri narapidana untuk berkontribusi dalam kemajuan ekonomi nasional, penghasil produk bernilai ekonomi penyokong nilai tambah perekonomian negara.

Komplek permukiman pemasyarakatan Ciangir akan menjadi beberapa area seperti  Area Gedung Bangunan Open Camp, Area Umum Terbuka sebagai tempat sosialisasi pelaksanaan program pembinaan, serta Area Pembinaan skala industri. Adapun warga binaan yang akan ditempatkan di Open Camp Ciangir adalah kategori narapidana berisiko rendah (low risk), atau yang  telah memasuki tahap pembinaan asimilasi dan telah melalui assesment dan penilaian berkelakuan baik.

"Pembangunan open camp Ciangir diharapkan dapat menjadi asa yang terbentang bagi pembinaan kemandirian sebagai rumah harapan bagi narapidana, pemerintah, dan masyarakat," ujarnya. (sul)

Posting Komentar

0 Komentar