Kota Tangerang Miliki Laboratorium Halal

gedung laboratorium
Kota Tangerang, Depok Terkini
           
Pemerintah Kota Tangerang akan memiliki Gedung Laboratorium Daerah (Labkesda) baru yang  dilengkapi dengan Laboratorium Halal. Lokasi gedung berada dalam kawasan Masjid Raya Al Azhom akan di operasikan ahir tahun 2017.
           
Wali Kota Tangerang, H Arief R  Wismansyah saat meninjau pembangunan gedung Labkesda mengatakan,  pengoperasian mungkin  November atau Desember tahun ini. Gedung berlantai II  ini selain  berfungsi sebagai Laboratorium yang melayani pemeriksaan standar juga  nantinya juga akan difungsikan sebagai Laboratorium Halal layaknya Laboratorium Halal milik MUI pusat.

“Selama ini  antrean di laboratorium  halal milik MUI itu banyak banget perusahaan yang ingin mendapatkan sertifikasi halal. Kalau ada di Kota Tangerang ini akan jauh lebih mudah aksesnya ,”ujarnya.

Menurut Walikota, laboratorium halanl ini  bisa digunakan untuk proses sertifikasi hasil olahan pangan yang diproduksi oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), sehingga bisa membantu menggerakkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kota Tangerang.
           
Sementata itu, dr Lulik, Kepala UPTD Labkesda Kota Tangerang menyampaikan bahwa Gedung Labkesda terdapat 3 jenis laboratorium yaitu Laboratorium klinik, Laboratorium makanan dan minuman serta Laboratorium lingkungan.
           
"Karena alat laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) yang berfungsi sebagai penganalisa kehalalan suatu produk, baru dianggarkan di tahun 2018, jadi mungkin untuk Laboratorium Halalnya baru bisa beroperasi di tahun 2018, " terangnya.
           
Namun Ia menjelaskan bahwa untuk operasionalnya Gedung Labkesda baru tersebut akan beroperasi akhir tahun ini, dan dalam waktu dekat ini pihaknya akan segera melakukan uji fungsi, set up ruangan, pelatihan dan pendukung operasionalnya.

"Kedepannya akan ada pengembangan hingga 95 pemeriksaan yang bisa dilaksanakan di labkesda  kota Tangerang, termasuk didalamnya pengembangan untuk pemeriksaan udara, kebisingan dan pencahayaan," paparnya.(sul).

Posting Komentar

0 Komentar