P3MK PNJ Dukung Program Ketahanan Keluarga Pemkot Depok

Direktur PNJ Abdillah dan Bunda Elly Farida foto bersama
Pancoran Mas, Depok Terkini

Dalam rangka mendukung program unggulan pemerintah Kota Depok yaitu masalah ketahanan keluarga. Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) menggelar sosialisasi Penerapan Peraturan tentang Perlindungan Anak dan Perempuan kepada warga di lokasi P2WKSS Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Selasa (31/10).

Sosialisasi yang diadakan di gedung Taklim Jalan Talim tersebut dihadiri Direktur PNJ Abdillah SE, M.Si, Ketua TP PKK Kota Depok Elly Farida, Camat Pancoran Mas Utang Wardaya, Lurah Pancoran Mas, LPM, Kader PKK Pancoran Mas, UPT Puskesmas Panmas, pengurus RW, RT serta puluhan warga sekitar.

Menurut Ketua P3M PNJ, Dr Ida Nurhayati, S.H. Kegiatan sosialisasi ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan materi masalah perempuan dan Ketahanan Keluarga.

"Kita jelaskan UU KDRT dan perlindungan anak. Ketahanan keluarga sangat penting karena keluarga khususnya perempuan merupakan sekolah pertamanya bagi anak-anak,"ujar Ida kepada wartawan.

Karena itu, lanjutnya untuk mewujudkan ketahanan keluarga, seorang anak harus dipersiapkan dan dibekali dengan berbagai nilai diantaranya masalah moral, agama dan sosial. Berdasarkan informasi dari berbagai media menyebutkan bahwa kejahatan di Kota Depok banyak dilakukan para remaja." Dari banyaknya kasus itu perlu dibenahi masalah peranan keluarga. Disini diperlukan peranan seorang ibu,"terangnya.

Sedangkan masalah kekerasan dalam rumah tangga, kata Ida, hal itu terkait juga dengan tingginya angka perceraian di Kota Depok. Menurut dia, kekerasan dalam rumah tangga bisa dihindari dengan cara membenahi rumah tangga terlebih dahulu."Kita harus saling menghargai dalam keluarga, baik ibu, bapak termasuk menghargai anak-anak. Namun yang sering jadi korban KDRT adalah ibu dan anak. Hal itu karena tidak saling menghargai dan kurangnya rasa kasih sayang,"ungkapnya.

Dengan sosialisasi ini, Ida berharap warga bisa menerapkan apa yang telah dijelaskannya. Khususnya terkait dengan masalah ketahanan keluarga,"Semoga Depok tetap menjadi keluarga yang harmonis,"tandas Ida.

Direktur PNJ Abdillah SE, M.Si menjelaskan bahwa sosialisasi ini dalam rangka melaksanakan tri darma perguruan tinggi salah satunya pengabdian kepada masyarakat."Kita siap memberikan pengabdian kepada masyarakat khususnya kepada lingkungan yang terdekat dengan kampus PNJ. Kami berharap dengan sosialisasi ini bisa lebih bersinergi lagi dengan Pemkot Depok, sehingga semakin bermanfaat serta mendapat dukungan dari semua pihak,"tutur Abdillah.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar