Walikota Serahkan Bantuan Korban Puting Beliung

Walikota menyerahkan bantuan 50 asbes kepada warga
Cimanggis, Depok Terkini

Sedikitnya 59 rumah di wilayah RW 08, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok rusak diterpa angin puting beliung yang terjadi pada Minggu (01/09/2017) sekira pukul 15.30 WIB.

Bencana tersebut langsung direspon Walikota Depok Mohammad Idris dengan meninjau lokasi bencana sekaligus memberikan bantuan 100 asbes dari PMI Kota Depok.

"Kita gandeng PMI untuk memberikan bantuan. Selain itu beberapa dinas juga bisa memberikan bantuan yang dibutuhkan masyarakat. Mudah-mudahan bencana ini tidak terjadi lagi," ujar Idris, Senin (03/10/2017)

Turut mendampingi Walikota, anggota DPRD Kota Depok Yetty Wulandari, Camat Cimanggis, Kapolsek, Danramil Cimanggis, Kadis Sosial, Ketua PMI Depok, LPM, Lurah Curug, dan tokoh masyarakat setempat.

Lebih lanjut Idris menjelaskan, bahwa Dua tahun lalu Permendagri terkait bencana pemerintah hanya bisa mengintervensi bantuan untuk fasilitas publik. Namun tahun 2016 ada perubahan Permendagri, dimana ada bantuan sosial tak terencana dari APBD. Pemerintah bisa memberikan bantuan sosial tidak terencana dari APBD dengan mengacu pemberian bansos untuk RTLH. "Sekarang bisa memberikan bantuan untuk rumah yang rusak. Karena itu korban bencana selain rumah tidak bisa diakomodir," jelasnya.

Idris berharap kedepan tidak terjadi lagi bencana, baik bencana alam seperti ini ataupun bencana akibat human error seperti kebakaran yang disebabkan oleh permasalahan listrik."Kita akan lakukan tindakan antisipativ seperti pembenahan pohon-pohon besar agar tidak ada lagi pohon atau batang pohon yang menimpa rumah warga seperti yang kita lihat tadi,” tandas Idris.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Kota Depok Yetty Wulandari mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kota Depok yang dinilai cepat tanggap dengan memberikan bantuan langsung kepada warga yang terkena bencana."Saya apresiasi atas tindakan cepat Pemerintah Kota Depok," katanya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar